Senin, 23 Februari 2009

Anda Bloger Sejati? Baca yang Satu ini !!

Kisah di bawah ini adalah kisah yang saya dapat dari milis alumni Jerman, atau warga Indonesia yang bermukim atau pernah bermukim di sana. Demikian layak untuk dibaca beberapa menit, dan direnungkan seumur hidup.

Pengalaman ini dikisahkan dari seorang ibu dari tiga orang anak dan baru saja menyelesaikan kuliahnya. Kelas terakhir yang harus dia ambil adalah sosiologi. Sang dosen sangat inspiratif, dengan kualitas yang saya harapkan setiap orang memilikinya. Tugas terakhir yang diberikan ke para siswanya diberi nama "Smiling". Seluruh siswa diminta untuk pergi keluar dan memberikan senyumnya kepada tiga orang asing yang ditemuinya, dan mendokumentasikan reaksi mereka. Setelah itu setiap siswa diminta untuk mempresentasikan di depan kelas.

Ibu itu adalah seorang yang periang, mudah bersahabat dan selalu tersenyum pada setiap orang. Jadi, dia pikir, tugas ini sangatlah mudah. Setelah menerima tugas tsb, dia bergegas menemui suaminya dan anak bungsunya yang menunggu di taman di halaman kampus, untuk pergi ke restoran McDonald's yang berada di sekitar kampus. Pagi itu udaranya sangat dingin dan kering.

Sewaktu suaminya akan masuk dalam antrian, dia menyela dan meminta agar suaminya saja yang menemani si bungsu sambil mencari tempat duduk yang masih kosong. Ketika ibu itu sedang dalam antrian, menunggu untuk dilayani, mendadak setiap orang di sekitar kami bergerak menyingkir, dan bahkan orang yang semula antri di belakang saya ikut menyingkir keluar dari antrian. Suatu perasaan panik menguasai diri saya, ketika berbalik dan melihat mengapa mereka semua pada menyingkir?

Saat berbalik itulah saya membaui suatu "bau badan kotor" yang cukup menyengat, ternyata tepat di belakangnya berdiri dua orang lelaki tunawisma yang sangat dekil! Ibu itu bingung,dan tidak mampu bergerak sama sekali. Ketika dia menunduk, tanpa sengaja matanya menatap laki-laki yang lebih pendek, yang berdiri lebih dekat dengan saya, dan ia sedang "tersenyum" ke arahnya. Lelaki ini bermata biru, sorot matanya tajam,tapi juga memancarkan kasih sayang. Ia menatap ke arahnya, seolah ia meminta agar ibu itu dapat menerima 'kehadirannya' di tempat itu. Ia menyapa "Good day!" sambil tetap tersenyum dan sembari menghitung beberapa koin yang disiapkan untuk membayar makanan yang akan dipesan.

Secara spontan ibu itu membalas senyumnya, dan seketika teringat olehnya 'tugas' yang diberikan oleh dosennya. Lelaki kedua sedang memainkan tangannya dengan gerakan aneh berdiri di belakang temannya. Ibu itu segera menyadari bahwa lelaki kedua itu menderita defisiensi mental, dan lelaki dengan mata biru itu adalah "penolong"-nya. Ibu itu merasa sangat prihatin setelah mengetahui bahwa ternyata dalam antrian itu kini hanya tinggal dia bersama mereka,dan mereka bertiga tiba-tiba saja sudah sampai di depan counter.

Ketika wanita muda di counter menanyakan kepada saya apa yang ingin dipesannya, Ibu itu mempersilahkan kedua lelaki ini untuk memesan duluan. Lelaki bermata biru segera memesan "Kopi saja, satu cangkir Nona." Ternyata dari koin yang terkumpul hanya itulah yang mampu dibeli oleh mereka(sudah menjadi aturan di restoran disini, jika ingin duduk di dalam restoran dan menghangatkan tubuh, maka orang harus membeli sesuatu). Dan tampaknya kedua orang ini hanya ingin menghangatkan badan.

Tiba2 saja ibu itu diserang oleh rasa iba yang membuat saya sempat terpau beberapa saat, sambil matanya mengikuti langkah mereka mencari tempat duduk yang jauh terpisah dari tamu2 lainnya, yang hampir semuanya sedang mengamati mereka... Pada saat yang bersamaan, ibu itu baru menyadari bahwa saat itu semua mata di restoran itu juga sedang tertuju ke dirinya, dan pasti juga melihat semua 'tindakan'-nya. Ibu itu baru tersadar setelah petugas di counter itu menyapanya untuk ketiga kalinya menanyakan apa yang ingin dia pesan.

Ibu itu tersenyum dan minta diberikan dua paket makan pagi (di luar pesanannya) dalam nampan terpisah. Setelah membayar semua pesanan, dia minta bantuan petugas lain yang adadi counter itu untuk mengantarkan nampan pesanannya ke meja/tempat duduk suami dan anaknya. Sementara ibu itu membawa nampan lainnya berjalan melingkari sudut ke arah meja yang telah dipilih kedua lelakiitu untuk beristirahat.

Ibu itu meletakkan nampan berisi makanan itu di atas meja mereka, dan meletakkan tangannya di atas punggung telapak tangan dingin lelaki bemata biru itu, sambil ibu itu berucap: "Makanan ini telah saya pesan untuk kalian berdua."Kembali mata biru itu menatap dalam ke arahnya, kini mata itu mulai basah berkaca-kaca dan dia hanya mampu berkata "Terima kasih banyak,nyonya". Ibu itu mencoba tetap menguasai dirinya, sambil menepuk bahu mereka, ibu itu berkata "Sesungguhnya bukan saya yang melakukan ini untuk kalian, Tuhan juga berada di sekitar sini dan telah membisikkan sesuatu ke telinga saya untuk menyampaikan makanan ini kepada kalian".

Mendengar ucapannya, si Mata Biru tidak kuasa menahan haru dan memeluk lelaki kedua sambil terisak-isak. Saat itu ingin sekali ibu itu merengkuh kedua lelaki itu. Ibu itu sudah tidak dapat menahan tangis ketika dia berjalan meninggalkan mereka dan bergabung dengan suami dan anaknya, yang tidak jauh dari tempat duduk mereka. Ketika ibu itu duduk suaminya mencoba meredakan tangisnya sambil tersenyum dan berkata "Sekarang saya tahu, kenapa Tuhan mengirimkan dirimu menjadi istriku, yang pasti, untuk memberikan 'keteduhan' bagi diriku dan anak2ku!" Mereka saling berpegangan tangan beberapa saat dan saat itu mereka benar2 bersyukur dan menyadari, bahwa hanya karena 'bisikanNYA' lah mereka telah mampu memanfaatkan 'kesempatan' untuk dapat berbuat sesuatu bagi orang lain yang sedang sangat membutuhkan.

Ketika mereka sedang menyantap makanan, dimulai dari tamu yang akan meninggalkan restoran dan disusul oleh beberapa tamu lainnya, mereka satu persatu menghampiri meja mereka, untuk sekedar ingin 'berjabat tangan' dengan mereka. Salah satu diantaranya, seorang bapak, memegangi tangan ibu itu, dan berucap "Tanganmu ini telah memberikan pelajaran yang mahal bagi kami semua yang berada disini, jika suatu saat saya diberi kesempatan olehNYA, saya akan lakukan seperti yang telah kamu contohkan tadi kepada kami". Ibu itu hanya bisa berucap "terima kasih" sambil tersenyum.

Sebelum beranjak meninggalkan restoran, ibu itu menyempatkan untuk melihat ke arah kedua lelaki itu, dan seolah ada 'magnit' yang menghubungkan bathin mereka, mereka langsung menoleh ke arahnya sambil tersenyum, lalu melambai-lambaikan tangannya ke arahnya. Dalam perjalanan pulang ibu itu merenungkan kembali apa yang telah dia lakukan terhadap kedua orang tuna wisma tadi, itu benar2 'tindakan' yang tidak pernah terpikir olehnya. Pengalaman hari itu menunjukkan kepadanya betapa 'kasih sayang' Tuhan itu sangat HANGAT dan INDAH sekali!

Ibu itu kembali ke college, pada hari terakhir kuliah dengan 'cerita' ini ditangannya. Ibu itu menyerahkan 'paper' kepada dosennya. Dan keesokan harinya, sebelum memulai kuliahnya ibu itu dipanggil dosennya ke depan kelas, ia melihat kepadanya dan berkata, "Bolehkah saya membagikan ceritamu ini kepada yang lain?" dengan senang hati ibu itu mengiyakan. Ketika akan memulai kuliahnya dia meminta perhatian dari kelas untuk membacakan papernya. Ia mulai membaca, para siswapun mendengarkan dengan seksama cerita sang dosen, dan ruangan kuliah menjadi sunyi. Dengan cara dan
gaya yang dimiliki sang dosen dalam membawakan ceritanya, membuat para siswa yang hadir di ruang kuliah itu seolah ikut melihat bagaimana sesungguhnya kejadian itu berlangsung, sehingga para siswi yang duduk di deretan belakang di dekat ibu itu diantaranya datang memeluknya untuk mengungkapkan perasaan harunya. Di akhir pembacaan paper tersebut, sang dosen sengaja menutup ceritanya dengan mengutip salah satu kalimat yang saya tulis di akhir paper ibu itu. "Tersenyumlah dengan 'HATImu', dan kau akan mengetahui betapa 'dahsyat' dampak yang ditimbulkan oleh senyummu itu.

Dengan caraNYA sendiri, Tuhan telah 'menggunakan' dirinya untuk menyentuh orang-orang yang ada di McDonald's, suaminya, anaknya, dosennya,dan setiap siswa yang menghadiri kuliah di malam terakhirnya sebagai mahasiswi. Ibu itu lulus dengan 1 pelajaran terbesar yang tidak pernah dia dapatkan di bangku kuliah manapun, yaitu: "PENERIMAAN TANPA SYARAT." Banyak cerita tentang kasih sayang yang ditulis untuk bisa diresapi oleh para pembacanya, namun bagi siapa saja yang sempat membaca dan memaknai cerita ini diharapkan dapat mengambil pelajaran bagaimana cara MENCINTAI SESAMA, DENGAN MEMANFAATKAN SEDIKIT HARTA-BENDA YANG KITA MILIKI, dan bukannya MENCINTAI HARTA-BENDA YANG BUKAN MILIK KITA, DENGAN MEMANFAATKAN SESAMA!

Jika anda berpikir bahwa cerita ini telah menyentuh hati anda, teruskan cerita ini kepada orang2 terdekat anda. Disini ada 'malaikat' yang akan menyertai anda, agar setidaknya orang yang membaca cerita ini akan tergerak hatinya untuk bisa berbuat sesuatu (sekecil apapun) bagi sesama yang sedang membutuhkan uluran tangannya! Orang bijak mengatakan: Banyak orang yang datang dan pergi dari kehidupanmu, tetapi hanya 'sahabat yang bijak' yang akan meninggalkan JEJAK di dalam hatimu.

Untuk berinteraksi dengan dirimu, gunakan nalarmu. Tetapi untuk berinteraksi dengan orang lain, gunakan HATImu! Orang yang kehilangan uang, akan kehilangan banyak, orang yang kehilangan teman, akan kehilangan lebih banyak! Tapi orang yang kehilangan keyakinan, akan kehilangan semuanya! Tuhan menjamin akan memberikan kepada setiap hewan makanan bagi mereka, tetapi DIA tidak melemparkan makanan itu ke dalam sarang mereka, hewan itu tetap harus BERIKHTIAR untuk bisa mendapatkannya. Orang-orang muda yang 'cantik' adalah hasil kerja alam, tetapi orang-orang tua yang 'cantik' adalah hasil karya seni. Belajarlah dari PENGALAMAN MEREKA, karena kita tidak dapat hidup cukup lama untuk bisa mendapatkan semua itu dari pengalaman dirimu sendiri.

Forward from : http://matahatidantelinga.blogspot.com/ Read More ..

Minggu, 22 Februari 2009

7 jenis senyuman mentari


hari bersejarah...hari bersejaraah...!! karena hari ini pertamakalinya tari dapat award.. dan 'the smile stone award' ini dari Bunda Lina di Kutai Kertanegara. hiks..terharuu...jd pengen nangis rasanya....(woooiii!! siapa yg simpen rajangan bawang merah disini??!!).

biarin deh orang mo bilang gw jijay bajay, katro, terserah... sebagai newcomer yg masih harus belajar banyak, ini adalah suprise, soalnya tari aza baru tahu kalo yg namanya ngeblog itu juga ada penghargaanx. kasian yah gw..( yg merasa kasian boleh di transfer aza kirmanx hehe..)

untuk mendapatkan award ini ternyata harus menjawab "7 hal yang membuat anda tersenyum setiap hari" ehmm...boleh juga, tari coba jawab ya bunda : kebeneran tari punya 7 jenis senyuman sbb :

Senyum manis : biasanya tari tebarkan setiap bangun pagi dan gak terlambat apel di kantor. semua orang bakal dapat imbas senyuman manisku...cuiiit...cuiiit....juga setiap dapat komen dari sahabat bloger (makanya sobat buatlah diriku selalu tersenyum)

Senyum Bahagia : keknya belum kewujud deh...mudah2 an gak lama lagi doain ya sobat (mesti jelas doain apa?!)

Senyum Haru : setiap mendengar wejangan dari Bunda gw, setiap bertemu sahabat2 gw, sodara angkat gw yang dari dulu hingga kini selalu peratian n sayank ma gw, saat ketika berbagi ma sodara2 yang membutuhkan rasanya senyum gw jd lebih berarti. saat mendapat kebaikan dari orang yang baru dikenal atau baru ditemui, termasuk bunda lina salah satunya


Senyum sedih : ketika impian gw dah didepan mata..tiba2 musnah...ketika orang yang disayangi mengkhianati atau membohongi kita, ketika..kita kehilangan orang-orang yang kita sayangi.

Senyum kecut : beugh...bangun telat lagi..pasti bos dah nyuekin aza nih, karena gak ikut apel pagi. gara2 semalem siih..ngasih advise buat anak2 KACR (huh! mestinnya belajar disiplin dulu baru ngasih advise ) juga ketika ingat bahwa gw blom bisa memberikan yg terbaik buat ortu gw.

Senyum sinis : napa sih orang pada ngurusin apa yang gw lakuin? selama gw gak berbuat kerusakan di muka bumi ini dan gak mengganggu ketentraman orang lain.. so what?!

Senyum Sumringah : beugh! pasti lagi berbunga-bunga nih..hari yang indah dan smua jadi terasa indah.. kalo dah begini pasti bagi2 duit nih...(halaah duit receh aza songong!)

bereeeezz...dah, makasih ya bunda lina...kali ni PR dan awardx mau gw kasih ke Broer ma dewi rozeme, tolong segera dikerjakan ya..n spesial buat kamu yang baca posting ini (suwer!)

Read More ..

Oleh2 dari Holiday di Pulau Dewata

akhirnya gw balik lagi ke kampung halaman, setelah seminggu berada di negeri dongeng, gw sampe gemez gitu liat kota kecil ini, terlalu banyak ide yang berkecamuk di otak, sabar2 gw mesti jejak tanah dulu (hahahah...)

Gw baru balik dari Pulau Dewata sobat, ntah angin apa yg buat gw tiba2 memutuskan untuk "pergi" dari semua kejenuhan, kepenatan dan kesumpekan di otak gw, so hasilnya... lumayan...gw balik dengan otak yang fresh from the oven (halaaah..) dalam 2 hari gw putuskan untuk pergi melanglang buana jadi backpacker ke Bali, gw mesti ngatur ijin yg berbelit2 di Kantor, gw mesti cari alesan tepat ke Bunda gw, mesti ngatur segala sesuatux beres, packing, pesan tiket Berau - Balikpapan - Bali, tapi semua jd beres dalam 2 hari itu..benar2 yang namanya berkejaran dg waktu. biar bisa nyante sejenak di Pulau Nirwana itu. (ada juga sih sobat gw yg protes "katanya backpacker masa naek Pesawat?" ya mo gimana lagi masa gw naek ojek nyebrang laut? kan becek.. halaah...) gw dah pernah ke Bali sebelumnya dah lama banget tahun 1997.

benar2 5 hari yang tanpa beban , bahkan sms dan telepon yg masuk gak gw respon termasuk salah satu bos saya hehehe..(maaf ya sob, jika anda salah satunya), n tau gak sob.. gw ketemuan ma para Bloger di Bali weeh..kek mas Nanoq da kansaz, mas boyke leneng, wendra, juga mas kika/ dexter (from depok). menikmati pertunjukan musikalisasi puisi mereka di Singaraja, mantaaph...gw gak nyesel jauh2 dari denpasar naek angkot yg bunyinya nyaring, berasa 60 km/jam tapi realx hanya lari 20 km/jam dari jam 9 pagi, baru nyampe jam 1 siang (beugh! tp seorang backpacker gak boleh ngeluh)

Kelompok seni mereka namanya Pesaji alias Penyanyi Sakit Jiwa mungkin sebagian bloger dah kenal dg mas nanoq dan mas boyke leneng, (bisa klik link mereka yg ada di blog ini) mereka benar2 seniman, penulis puisi, cerpen, editor, pencipta lagu, teater, pokokx..seniman deh..malam itu gw bener2 terhipnotis dengan konser yang diusung oleh pesaji, harmonisasi dari berbagai alat musik,terutama permainan biolax yg begitu memukau, dan vokal2 siswi dan mahasiswi yg lumayan berkarakter, membawakan 12 lagu2 yang diangkat dari puisi yg rata2 juga ciptaan mereka sendiri. kepenatan setelah terlantar 8 jam di Bandara Sepinggan (plus Delay 2 jam), tiba di denpasar jam 1 dini hari, serta semua "kemarahan" yang ada di otak dan hati gw, tiba2 sirna mendengarkan dan meresapi pertunjukan mereka...bener2 indah. jika anda terbiasa menikmati junk food tiba2 anda menikmati masakan tradisional yang pas bgt dilidah, itulah perasaan gw saat itu, taste yg berbeda..gw berasa bener2 berada di Negeri dongeng.

setelah itu gw di jamu ma mas nanoq di dusun senja waaah....bener2...sebuah keramahan negeri dongeng, bercanda ma keluarganya, ma hewan peliharaannya, panen buah dan berdiskusi ttg Jembarana (tulisan berikutnya) trimakasih mas nanoq, mas boyke n mas kika telah menambah perbendaharaan rasa dan wawasan.

yang pasti selama di Bali gw bener2 rilex, santai, nikmati suasana Bali banget bersama sliweran para turis2 mancanegara, gw nginep di popies lane 2 itupun dapat info dari surfing di internet hotel2 husus para backpacker deket dengan kuta, berkisar 85 - 100 rb per malamx, trus bisa sewa motor dari 35 - 50 rb/hari. diseputarannya lu dimanjakan dengan artshop, cafe, warnet, loundry murah hanya 10.000/12 potong, ada juga warteg husus untuk muslim, travel pemesanan tiket. disini sliweran bule gak ada habisnya mulai pagi hingga pagi lagi. sangking padatnya..trotoar juga dipake buat jalan motor.

gw manjain diri gw dengan tidak berfikir apa2, pikiran gw hanya besok kemana lagi ya? beli apa lagi? menyalurkan hoby belanja sovenir gw yang gila2 an (harap di catet bukan mall tapi pasar seni hehehe) tadinya gw cuma bawa beg kecil sama tas pundak pulangnya gw bawa 8 koli itu juga gw titip ke cargo sebagian. kebayangkan gw yg imut2 bawa tas dan kotakan segitu banyaknya? tapi jangan salah itu semua bukan buat gw, sebagian pesanan. (makanya gw males pamitan kalo pergi2 hiks...kejem bgt sih pesen kok gak ngukur body gw ma kantong gw, dipikir gw kuli kali yak?)

jadi buat semua yg merasa gw boongin..sebenerx gw gak bermaksud..tapi gw malez aza di berondong pertanyaan..aneh2... "kemana? ma siapa? ada apa? ngapain? bagaimana? dimana? sedang apa? apa aza?" halaaah..seakan2 cewek itu gak kompeten pergi liburan sendiri..padahal gw jg dulu seorang petualang (makanya gw dah injak beberapa pulau di nusantara seperti kalsel, sulsel, sulteng, jatim, jateng, yogya, jakarta, Bangka itu semua hanya model keberanian) cuma yaah skarang rada kalemanlaah.. mengingat umur yang semakin renta ...uhuk..uhuk...

" oh iya...gw minta maaaf yang sedalem2nyaa.." itulah gw..bisa bereaksi frontal jika dihadapkan dg sesutu yang udah diluar kuasa gw...sumpek yang berlebihan di otak gw, kalo gak cepat2 di netralisir bisa buat gw muntah darah. jadi jangan buat hidup gw makin susah.
karena gw pasti bakal jauhin orang2 yang suka bikin susah...hakakakak....piss...

oh ya jangan pergi dulu doonk...kalo lu tinggalin komen, itulah hal yang paling bikin gw bahagia. dan pasti gw komen balik plus doa slamet buat lu heheheh... Read More ..

Kamis, 12 Februari 2009

Homework From http://simplyhappyme.blogspot.com/

ingat pertama kali utak atik blog, gw diminta ngerjain PR yang diberikan Guru Readmore gw dan yg memberi gw hadiah layout yg gw banget ini, Bang Dude http://inspirasibangirwan.blogspot.com/. tapi waktu itu gw banyak alesan..karena emang lagi sibuk dengan kerjaan. hahaha..sampai sekarang bang dude kapok kasih gw PR. gw gak ngarti kalo ternyata PR itu bentuk perhatian kita terhadap Sahabat. bisa disebut Tali kasih hehehe...

kali ni seorang sahabat Luar Kris http://simplyhappyme.blogspot.com/memberi gw PR dan 4 sahabat lainnya, kali ni gw coba kerjain walopun..rada lelet.(gw blom ngarti gimana cara tulis link tapi yg muncul namanya doank..mo belajar malez..)

Thank you Kris for thinking of me when you sent out this tag. This has got some interesting questions. Hope you'll enjoy my answers.

Here it goes:

  1. Have you ever been on TV? Yes, just “sekelebat” in local Tv hehehe n MTV in back of nirina on MTV VJ hunt at Yogyakarta hahaha.
  2. Have you ever sung in public? Yes, I was part of a musical rock competition for women in My town 1992 hahahah.
  3. Have you ever dyed your hair blond? No, I have not tried blond because I don't think it will suit me. But I ever did dye my hair in Violet n brown colour.
  4. Have you ever eaten frogs' legs? No I have not. I think its disgusting.
  5. Have you ever recieved a present that you really hated? No, none that I remember. I like every present for me (doyan!) Not about Prize but bout a kind of friendship
  6. Have you ever walked into a lamp post? never.
  7. Have you ever cooked a meal by yourself for more than 15 people? Never, but my job every greatday is cooking some cake for 50 -100 peoples.
  8. Have you ever fallen or stumbled in front of others? id ever by accident because swan. Hiks..
  9. Have you ever done volunteer work? Yes, at my family birthday or workshop my community.

I want to share this tag with : Dewi Rozeme, fitriyani, anatha & You

Read More ..

Kamis, 05 Februari 2009

Deadline Your Life

Waktu pertama kali liat web ini http://tamanbaca.org/ yang ada difikiran gw..kok sempet yaa..kepikiran ..mikirin orang lain..yang notabene bukan siapa-siapa, keluarga bukan, tetangga bukan, anak muda yang aneh… dieraa..seperti ini, napa gak kayak yang laen..azaa..sibuk ma diri sendiri, senang-senang, foya-foya, buang2 duit buat hoby yang mahal koleksi mainan luar negeri, koleksi kucing angora, bahkan anak seorang PNS masih SMP aza punya Hp N 85 ngalah2in gw yang udah kerja 9 tahun blom bisa beli yg kayak gitu hiks.., napa orangtuanya gak menanamkan sikap bersahaja?

Sedangkan di berbagai pelosok daerah terpencil, anak2nya jangankan pegang HP, membaca saja kadang tak bisa..(bagaimana mau sms?), hobinya tidak jauh dari tanah (bekebun, beladang, betani, bikin batako, bikin gerabah), jauh beda banget ma anak kota yang maenya..game onlines. Chating…rebonding..fiting..manikur..pedikur..whaaaaa…

Kata orang bijak…”jangan pernah tanyakan apa yang bisa dilakukan Negara untukmu tapi tanyakan apa yang bisa kamu perbuat untuk negaramu” (gitu kali..sale2 kate maafin aze..) berangkat dari falsafah ntu..sekelompok anak muda ini, menyisihkan waktu, tenaga dan fikiran yang gak sedikit untuk perbuatan yang mungkin kecil artinya buat sebagian orang..tapi besar maknanya bagi yang menerima.. Seperti kata Joseph Murphy :

berikan dengan ikhlas, senang, penuh kasih, dan dengan perasaan penuh kebebasan, dan ketika anda melakukannya, kekayaan yang menakjubkan tak terelakkan akan menjadi milik anda

sebenarnya gw gak gitu ngarti apa maksudnya, tapi dengan otak gw yang pas-pasan menyimpulkan bahwa..yang mereka berikan mungkin tidak seberapa dimata orang tapi dg keikhlasan mereka mendapati dirinya menjadi orang yang lebih kaya, kaya dengan sentuhan-sentuhan yang mendekatkan jarak antara si miskin & sikaya, si bodoh dan si pinter, wawasan sempit menjadi luas, artinya mereka menjadi lebih kaya pengalaman..kaya hati, itu modal buat jadi orang yang peka dg keadaan sekelilingnya..menjadi anak muda yang lebih peduli.

rahasia kemakmuran adalah kedermawanan, karena membagi kepada orang lain, hal baik yang diberikan kehidupan kepada kita, kita membuka mata air kelimpahan

– J. Donald Walters.

Baru saja kita dengar disumatera utara..karena demo..(bahasa keren dari kisruh) ketua DPRDx meninggal…tragiss!, ada apa sebenarnya dengan mahluk intelek itu??, masih banyak lagi contoh..demonstrasi yang berujung pada pengrusakan fasilitas dan harta Negara, (gimana Negara mau mikirin rakyat miskin kalau hasil pajaknya hanya sibuk mengganti fasilitas yang rusak) kenapa harus merusak? kenapa harus ada yang mati?, kenapa hanya berkoar2? Kenapa tidak berfikir solusi dan berbuat yang lebih berarti?

Saya setuju dengan Mr. Larry Winget, seorang ahli filsafat dan pembicara bisnis mengatakan “Shut Up, Stop Whining & Get a Life” ya..ada benarnyaa…mengapa selalu mengoceh gak jelas, mengritik, mencaci, memaki, bagusnya “DIAM!! BERHENTI MENGELUH DAN RAIH KEHIDUPAN” hidup jadi akan lebih baik jika kita lebih banyak berbuat solusi. Kecil tidak berarti bukan apa2..hidup terlalu indah untuk disia-siakan? Jadi “deadline Your Life” Berbuat sesuatu yang berarti

Untuk pendiri dan pengelola Taman Baca, Saluut! semangat ya!!, don’t give up!

Read More ..

Minggu, 01 Februari 2009

Pendiri Aliran Sesat Penderita Skizofrenia ???

Iseng-iseng kemarin untuk menarik perhatian pengunjung ke blog mentari untuk postingan terbaru skizofrenia, di status YM gw tulis sebuah kalimat "tau gak sebenarnya para pendiri aliran sesat itu termasuk penderita skizofrenia?, temukan jawabannya di http://dearmentari.blogspot.com/

lumayanlaah...yang berkunjung, setelah itu mereka langsung PM gw, ada yg sekedar memberikan komentar (sekedar basa-basi sampai yang kritis), ada yang langsung konsultasi karena beberapa poin ternyata ada dalam keseharian mereka (awalnya tentang poin2 yg mereka idap lama2 kok jadi konsul mengenai bagaimana menjaga hubungan dg pacar biar tetap asyik whaaaaaaaa.. sampai bagaimana biar ortu si cewek nrima dia sebagai menantu), ada yang melakukan interview, dan ada pula yang berteriak "woii tari ati2 lu...terobsesi dengan skizofren..bisa2 lu juga jd pengidap" (hakakakak...sebenarnya dia itu takut? atau malah ngedoain gw ya?).

tapi ada seorang sahabat yang ternyata tidak tertarik pada postingan gw, tapi lebih tertarik pada pernyataan yang gw buat di YM (mati gw!!), sebenarnya itukan hanya iseng...tapi gw juga gak sembarangan membuat pernyataan, karena terus terang gw pernah terlibat langsung dengan beberapa penderita skizofren al :

pengidap dalam masa penyembuhan
ini yang masih mengkonsumsi obat, tetapi terkadang masih suka kambuh, dengan membuat pernyataan2 yang tidak masuk akal, badannya masih suka gemetar, terkadang jika keinginannya merokok datang, ia akan berjalan keliling komplek untuk sekedar mencari puntung rokok yang masih bisa diisap. tatapan matanya masih kosong terkadang bersinar jika dia mendapatkan keinginanx walopun menurut kita itu sepele. ini dia yang gw bilang berhasil membukukan kisah2 khayalinya. dia merasa bahwa dirinya seorang ratu Adil yang perkasa, bijaksana penuh welas kasih, dan kita hanyalah titot-titot (istilah dia sendiri) ciptaanya. dia merasa bahwa dalam dirinya mengalir keturunan cleopatra dan napoleon bonaparte, Nabi Sulaiman dan Ratu bilqish, dewi kwan im bahkan sun go khong (waahh..kalo baca bukunya lu juga bakalan ikutan gila karena ketawa/i sendiri) bisa berkomunikasi dg segala jenis mahluk mulai dari sang budha, buto ijo, jin, zoroaster, sri rama, jet lee bahkan nike ardila yg sudah tiada (masih banyak yg lainnya yg kalo gw sebutin lu bakal ngira gw juga ikutan gila..hakakak jadi mending beli bukunya deh n baca sendiri)

mantan pengidap skizofren
teman sekantor gw dulu, itupun dia mau terbuka setelah gw tunjukin buku ratu adil itu, dan dia sempat dimasukkan RSJ, sampai sempat dendam sama ortunya karena gak percaya bahwa sebenarnya dia gak gila. sebenarnya dia sadar katanya...tapi selalu aza ada suara2 yang memerintahkan dia berbuat aneh seperti loncat dari rumahnya yang bertingkat, ajakan-ajakan untuk bunuh diri dan penampakan-penampakan yang membuat dia berteriak-teriak histeris. tapi dia menyangkal kalo dia gila. karena dia ingat siapa2 yang ada disekelilingnya. dia merasa sangat menderita karena setiap dia ceritakan apa yang dia rasakan atau yang dia lihat, mereka pasti menyangka dia sudah gila. dia sempat dirawat sampai 3 bulan di RSJ dan setahun masa penyembuhan. sekarang dia sudah jadi Ibu dari 4 orang anak dan istri seorang pendeta.

Pengidap tapi gak terdeteksi
gw rasa apa yang dikatakan oleh para ahli itu benar, bahwa kemungkinan besar ada garis keturunan, karena saudara dari salah satu penderita skizofren itu setelah gw amati ternyata sebenarnya menderita penyakit yang sama hanya tidak bgitu mencolok, tapi karena gw dekat jadi gw mengerti bahwa prilaku mereka sudah mulai menyimpang, seperti point2 berikut ini (ada 34 poin) :
1. menarik diri dari lingkungan sosial
2. tidak memperdulikan kesehatan
5. mengeluarkan pertanyaan-pernyataan yg gak masuk akal (terkadang mengatakan dirinya keturunan, beberapa sunan dari wali songo, menyatakan diri bahwa lebih agung, dan dijamin masuk syurga karena dibawah perlindungan gurunya dan masih keturunan Rasullullah)
6. tidur berlebihan atau bahkan gak tidur semeskali..(bisa menonton TV sampai 24 jam tanpa henti)
8. marah2 tanpa alesan yang jelas bahkan sampai meledak2
11. keasyikan dan pengkhultusan terhadap guru yg berlebihan
menganggap tidak ada yg benar selain gurunya atau bahkan menganggap dirirnya adalah titisan Sunan.
14. gampang melupakan segala hal ( habis berjanji kemudian melupakan)
15. tidak berminat pada bidang akademis dan cenderung meremehkan dan menghujat orang2 yang berpendidikan tinngi dengan mengatakan gila gelar, gila kuasa, gila dunia (fiiuuh)
18. bereaksi secara berlebihan terhadap kritikan. bawaannya kalo dengar masukan malah mau ngamuk dan langsung membenci sang pemberi kritik.
19. tidak bisa mengekspresikan rasa senang. cenderung tanpa ekspresi
24. menyalahgunakan obat, alkohol, dan sejenisnya.
32. menunjukkan sikap keras kepala . (gak bisa menerima pendapat orang lain)

jadi gak salah
kan kalo gw bilang bahwa sebenarnya para pendiri aliran sesat itu sebenarnya mengidap penyakit skizofren yang akut. (huwaaaa...malah nambahin akut)
karena mereka sepertinya normal seperti manusia lain, tetap bisa melaksanakan kegiatan sehari2 tapi dunia khayalinya yg begitu tinggi membuat dia merasakan bahwa kejadian yang mereka alami itu benar adanya. merasa dititisi oleh soekarno, Nabi Muhammad, dll. dan mereka sangat yakin bahwa bisikan yang mereka dengar adalah nyata , mreka lalu menganggap dirinya benar2 seorang yang suci. karena didunia skizofren apa yg mereka alami terasa benar2 nyata bukan sebuah khayalan atau lamunan belaka.

berikut adalah perubahan karakteristik utama yang terjadi pada penderita skizofrenia, yang bisa dikaitkan dengan yang gw nyatain ntu:

Pertama, Perubahan Kepribadian.
perubahan yang berangsur-ansur dari minor tak terperhatikan sampai dengan perubahan yg smakin jelas, dari mulai hilangnya atau menurunya emosi, minat dan motivasi, lebih banyak diam, dan emosi2 yang muncul secara tidak tepat. mulai menarik diri dari lingkungan sosial, karena merasa diri lebih suci sedangkan orang lain hanyalah pendosa-pendosa sesat. merasa bahwa hanya dirinyalah yang paling benar.

kedua, Kekacauan Pikiran
merupakan perubahan yang paling drastis. jalan pikirannya sarat diwarnai delusi, kepercayaan yang keliru yang tidak memiliki basis logika. merasa diri menjadi seorang yang agung dan sangat berkuasa, mampu melakukan apapun dan kebal terhadap apapun. merasa diri memiliki dorongan religius yang sangat kuat, atau kepercayaan bahwa dirinya mendapatkan amanat sebuah misi untuk memperbaiki dunia, meluruskan pandangan orang-orang yang salah dan memperbaiki dunia yang penuh dengan dosa dan kesalahan.

ketiga, perubahan perseptual
terjadi perubahan dalam cara memahami realita yang kemudian memutarbalikkan dunia si penderita, pesan-pesan sensoric dari mata, telinga, hidung, kulit, dan lidah yang sampai ke otak menjadi kacau. si penderita mengalami halusinasi yakni mersakan mendengar, melihat, mencium dan merasakan sensasi-sensasi lain yang tidak nyata. penderita skizofrenia seringkali mendengar bisikan, rayuan dan suara-suara lain yang terdengar mengutuk menghukum dan suara yang memberi perintah langsung.

keempat, Halusinasi Visual
halusinasi penglihatan, bisa melihat sesuatu yang sebenarnya tidak ada, seperti didatangi seperti malaikat, Nabi, bahkan Tuhan ataupun kerabat yang sudah tiada.

kelima, sangat sensitif
penderita jadi sangat sensitif terhadap rasa, suara dan bau-bauan. suara telepon bisa dikira suara sirene, suara adzan bisa dikira tiupan terompet sangkakala, bahakan suara orang didekatnya bisa dikira suara gonggongan anjing yang mengancam.

keenam, Rasa Diri
ketika kelima indera si penderita telah terpengaruhi, maka dia akan merasa keluar dari dimensi ruang dan waktu, merasa bebas mengalir, serasa tak bertubuh dan tak meng'ada sebagai seorang manusia.

untuk lebih jelasnya bisa nanya ke simbah google, sementara gw hanya mengutip kembali dari buku Ratu Adil yang bereferensi dari :

  • booklet yg diterbitkan oleh british Columbia Schizophrenia Society (www.bcss.org)
  • Buku Pedoman Penggolongan dan Diagnosis Gangguan Jiwa (PPDGJ)
  • Buku terbitan bersama antara Departemen Kesehatan Kanada dengan Canadian Schizophrenia Society berjudul Schizophrenia : A handbook for Families (www.mentalhealth.com)

Bagaimana sobat...jadi cukup beralasankan mengapa aku berani membuat pernyataan bahwa para pendiri aliran sesat itu sebenarnya sedang mengidap skizofrenia. karena skizofren bukanlah penyakit gila yang semeskali kehilangan akal tetapi kabur antar yang nyata dan khayali tak bisa membedakan semua dianggap nyata.

ucapan terimakasih yang sebesar2nya kepada orang-orang yang telah memberikan sebuah pengkayaan pengalaman dan pengetahuan baru buat gw.


Read More ..
 
Dear Diary Blogger Template