Senin, 26 Januari 2009

Ratu Adil

Ratu adil...itulah judul buku yang ditulis dari kisah nyata dan pengalaman pribadi seorang mantan pengidap skizofrenia selama bertahun-tahun. buku yang menceritakan...apa saja yang dialaminya...selama dia mengidap penyakit tersebut.

dalam buku itu kita bisa merasakan kegilaan, keanehan dan keganjilan seperti menonton sebuah sinetron yang pemeran utamanya adalh penulisnya sendiri dengan cerita mengenai alam dunianya yg ditentukannya sendiri. dia produser, dia sutradara dan dia juga pelakonnya.

miris...sedih...haru... lucu...bahkan garing...semua jadi satu...di buku ini.
itulah yang membuat buku ini cukup 'hebat' jika dijadikan koleksi, karena karya ini sejatinya merupakan ekspresi dari pengalaman seorang penulis 'mantan' penderita penyakit jiwa.

namun kurang bijak jika buku ini diberlakukan sekedar kisah khayal belaka, karena dari perspektif seorang penderita skisofrenia, yang mereka alami itu adalah benar adanya, bukan hayalan atau rekayasa.

mungkin saja dengan membaca buku ini kita akan dikagetkan bahwa ternyata...apa yg kita keluhkan saat ini, kita cengengkan saat ini ternyata hanya batu sandungan kecil. karena dibuku ini anda akan disajikan bagaimana seorang cewek berprestasi sebagai model didaerahnya, cucu seorang duta besar kairo masa pemerintahan bung karno, akhirnya mengalami kehidupan tragis, menggoncangkannya bahkan menjadi salah satu pasien Rumah Sakit Jiwa di Yogyakarta.

"Ratu adil, sungguh gelar itulah yang kusandang dalam pengembaraanku di alam ganjil itu. Aku memiliki segala zaman. bagiku jauhnya jarak bumi dan langit tak jadi masalah, berlalunya waktu bukan halangan, dan tak terjangkaunya masa depan tidak jadi soal. Aku sanggup berkomunikasi dengan segala mahluk yang kutemui, mulai kuman sampai kera, dari bangsa jin hingga setan, para tokoh masyarakat dunia, Sang Budha, Para Nabi, termasuk Nabi Muhammad SAW, bahkan Malaikat Jibril, kumengerti segala bahasa, mudah bagiku memahami keinginan mereka, sebagaimana merekapun mengerti apapun keinginanku, Telepati" by : evy (satira isvandiary)

Skizofrenia...untuk dunia medis atau dunia pshikolog bukan hal yang aneh lagi, tapi untuk kita yang awam dg istilah ini...?? posting berikutnya akan saya sertakan sedikit penjelasan dan fakta2 yang ada dengan mengutip dari buku Ratu Adil itu juga.

adapun kenapa saya posting mengenai buku ini, tidak lain karena saya terlibat dalam pembuatan buku ini secara...pribadi, memberinya kertas sisa tolakan skripsi untuk oret2nya, alat tulis jika dia kehabisan, membaca dan sedikit memberikan masukan, mengenalkannya, mengisikan form dan berargumen dg penerbit dan memberikannya dorongan pada saat dia diganjal untuk tidak menceritakan 'aib' keluarganya...

saya mengenal dia secara pribadi, sorot matanya yang kosong menandakan dia pernah mengalami goncangan yg bgitu hebat, lamat2 mulai bercahaya..ketika kami memberi dia kepercayaan bahwa critanya patut dibikin buku dan dia bisa untuk itu. tubuhnya masih menyisakan tanda2 mantan seorang model. dan rasa persahabatan yg dia berikan saat kita ulurkan sebatang rokok..hahaha...dia kembali seperti anak kecil yang tidak berdosa. tanpa rasa curiga, tanpa rasa iri, tanpa rasa dengki, penuh keingintahuan..pertanyaannya lugu...tanpa maksud tersembunyi. memanggilku "mbak" padahal saya lebih muda dari dirinya...

evi...yang sabaaar ya... aku tak tau sekarang engkau dimana...maafkan mbak gak pernah menghubungimu, asal engkau tau aku tetap menyayangimu dan mendoakanmu "ya Allah jangan berikan cobaan lagi yang dia tidak mampu menanggungnya"

21 komentar:

The Dexter mengatakan...

Habus, tetaplah memberi semangat. Apapun, dan siapapun teman kita adalah tetap teman. senang membacanya, btw bila bukunya sudah terbit boleh dong beritahu berapa harganya dan sekalian aku ikut promosiin ke teman-teman. Makasih.

Ria mengatakan...

Oh...jadi Tari kenal toh dengan penulisnya. Wah...pasti rasanya beda ya ketika membaca buku itu, apalagi ketika kita secara langsung atau tidak pernah terlibat dalam kehidupan sang penulis. Sukses buat Tari dan temannya itu ^_^

Harry Seenthings mengatakan...

wah pastinya buku itu bagus dong yah.....

smart mengatakan...

nih buku yang ngarang mba yah...lam kenal yah mba...mampir yah

Bunda Lina mengatakan...

pengalaman yang sangat hebat dan memperkaya batin, Mbak Mentari.
membaca tulisan ini, saya merasa bersyukur atas kehidupan ini. kadang kita merasa masalah kita lah yang paling berat, tetapi ternyata diluar sana, ada saudara, teman dan sahabat kita yang punya masalah lebih berat lagi.
Thx ya :)

Mentari mengatakan...

iyaa..maaf dexter tari lupa kasih info ttg bukunya, Ratu Adil karya Satira Isvandiary (Memoar seorang skizofren)sudah lama terbit tahun 2004 o Tinta (kelompok Penerbit Qalam). bisa ditemukan di Gramedia..jika tidak ada dipajang maka tanyakan ke bagian informasi atau klik di infocompx. mengenai harga..dulu sih sekitar 30 an ribu gak tau skrg..makasih ya atas niat baiknya..mempromosikan..bisa turut membantu kesembuhan satira isvandiary..karena sampai sekarang masih tetep cek dan minum obat.

Mentari mengatakan...

Buat Ria :
makasih ria atas supportnya...karena terpisah sejak 2004 akhir..sekarang udah hilang kontak,
tapi waktu itu di tahun 2005, evi jadi liputan di berbagai Media elektronik dan cetak..tercatat yg aku tahu..sperti, SCTV, RCTI, TransTV, ANTV, Kick Andy, NOVA, dll belum lagi jdi pembicara di berbagai acara di Yogyakarta. (yg tidak aku tahu masih banyak)
tari turut bersyukur dan ada kebanggaan tersendiri walaupun tidak ikut menikmati hakakaka....(sedih juga sih...jujur. kalau ria beli tu buku di ucapan trimakasihx ada nama asliku tercantum disitu hehehe....

Mentari mengatakan...

Buat Harry Seenthing :
Buku ini tidak hanya bisa dibilang bagus..tapi juga..unik, mencengangkan..ada orang yang mau membongkar aibnya..yg mungkin hasilnya justru akan dijauhi, dikucilkan dan diperolok2an, tapi masyarakat indonesia sdh cukup maju untuk tidak hanya bisa menghujat tapi juga bisa ikut merasakan bagaimna menderitanya batin seorng evi.

Mentari mengatakan...

Buat Smart :
Hehehe..laen kali kalo baca postingan jangan sambil blog jumping, bacanya bisa salah tangkap
saya cuma mengulas kembal. btw makasih udah tinggalkan koment dan cukup perhatian dg blog ni
salam persahabatan

Mentari mengatakan...

Buat Bunda Lina :
Thank ya bunda, se7 bunda, terkadang kita termehek2 hanya karena persoalan sepele, tanpa kita mau menyadari bahwa diluar sana masih banyak saudara2 kita yg lebih menderita, bahkan lebih tragis, seandainya kita mau sedikit saja peduli pasti kita lebih banyak berfikir bagaimana berbagi bukan bagaimana memiliki. sering mampir ya bunda...luv u

Izka mengatakan...

Hidup --seperti apapun peruntungannya-- selalu menawarkan kebijakan tersendiri. Maka beruntunglah mereka yang bisa memahaminya dalam kesementaraan seperti ini...

abang mengatakan...

yachhh ..
\Memang sebagian hidup ini berada diluar jangkauan logika. Di bagian tersebut hanya keikhlasan yang mampu menundukkannya ...

Nice post ..!!!
*Maaf abang baru bisa menjenguk, tugas luar kota terus, semoga sehat selalu ..

Mentari mengatakan...

makasiih abang..walopun sibuk, sempet ngejenguk tari disini, iyaa..ilmu ikhlas..

kerajaanratu mengatakan...

salam hangat buat mentari

satu pertanyaan, dimanakah Ratu Adil itu sekarang? daku jadi penasaran? apakah dia baik baik saja? atau jadi pasungan?

JengSri mengatakan...

apa yang mau dikomenini ya, bingung mode on nih jengsri, hehehehe

Ratu Adil mengatakan...

AUDZU BILLAAH ALLAH BILLAA HI QU LLAAOVEME LAAOVE YOU AND LLAAOVE UNIVERSAALL ATLANTICK ALL PLANETS OF PARADISE .THE POWERS OF LIGHT LOVERS ALLAAMIAA .
I AM,IS IBUNDA AFRIDA WATY BIN YUSUF DAUD AL WAHABY MENYATAKAN DENGAN TEGAS BAHWASANYA DIDADAKU BERCERMINKAN KEKUATAN IKATAN CINTA DARI SEGALA JENIS AIR, SAMPAI KE AIR MATA SAMUDRA ,AIR MATA CINTAKU KUTITIPKAN CERMIN PUSAKA YANG MESTI DIJAGA PARA HAMBA ALLAH YANG DIKARNAKAN CINTA SUJUD KITA PADA SANG MAHA PENCIPTA YANG BERSINAR AGUNG YANG MEMULIAKAN SEGALA WARNA JIWA HASIL CIPTA MAHA KARYA SANG PENGUASA YANG NILAI KUASANYA TAK SEDEBU MAHLUKPUN YANG DAPAT MENGATUR TUHANNYA YANG BERTINDAK ATAS SEGALA CINTA KEADILANNYA AMIIN.
I’AM SANG IBUNDA AFRIDA AL-FAKIR YANG SEDANG DI AL-VATARKAN KE BUMI OLEH YANG MENG ALFATIRKAN KUDITITIPKAN ,DILAHIRKAN DIBUMI INDONESIA UTARA SUMATRA .YANG KINI BERDOMISILI JAKARTA DISISI SUAMIKU YG BERSUKU BERRAASSS SUMATRA ,PADANG ,HINDUSTAN,JAWA(PURWAKARTA) YG SAMA SAMA KAMI ADALAH PUTRA PUTRI PARA TENTARA NASIONAL INDONESIA RAYA MERDEKA JIWA KITA .
YANG MANA MISIKU DARI ILLAAHIAH
1.BERSINARLAH JIWA BAGAIKAN BERLIAN2 CINTA YANG SALING MENYINARI AGAR SALING MENGASIHI LAGI BERBAGI RASA DAN KARYA DGN TUJUAN SELAMAT2 DAN BAHAGIAA .AQ YANG TELAH LAMA MENELAN AIR MATA RINDU DAN CINTA DAN JANGAN LAGI KUMOHON MELIHAT AIR MATA DUNIAAA…LAMBANGKU PENUH SYUKUUUR…
KESEMUANYA HARUS KUTEMUKAN REONI CINTA DARI SEGALA MANUSIA YG MENGINGINKAN DAN MERASAKAN APA YANG ALLAH SUKAKAN(RIDHAKAN) PADA KITA SEMUA.
2.NEGRI INI DIJAGA KETAT OLEH SELURUH PASUKAN MALAIKAT 2 YG DIPIMPIN OLEH SANG JIBRIL YANG MULIA DERAJATNYA DISISI TUHAN YG MAHA PERKASA.
3.SEGALA SESUATU BICARAKANLAH DGN PENUH RASA CINTA DEMI TERWUJUDNYA IMPIAN FILM TERAWANGAN ALAM FIKIRAN SANG PEMIMPIN YG BERBUDI LUHUR PRABU JAYA BAYA YG DIPERCAYA ALLAH ATAS ILHAM/PETUNJUK YG DIWAHYUKAN JUA KEPADA SANG AULIA TUHAN PRESIDEN BUNGKARNO SANG PROKLAMATOR .

DEMI ALLAAH DEMII IMPIAN SELURUH MAHLUK !!!!.INI ADALAH GERAKAN CINTA HATI ,BODY ,SPORTY, BUSANA MODELING,SENI DARI SEGALA SENI YG MEMBUAT KITA FITRAH YG MENJADIKAN FITRI DEMI MASA DEPAN ANAK2 YG BERJIWA /BERHATI RATU ADIL YG NYAMAN DILINDUNGI DALAM PELUKAN SAYAP2 GARUDA BANGSA YG PENUH WELAS ASIIH…ASAAAH…ALLAAMIAH .
JANGAN PERNAH LAGI IBLIS2 KEDENGKIAN YANG MENYELIMUTI SEGALA WARNA JIWA DIHATI BILA BANYAK PIHAK YG MASIH BERKLAMBU KLABU PERBANYAKLAH ISTIGFAR !!! DIKARENAKAN AQ IBUNDA YG BERPREDIKAT SANG BUNGSU .YG GAMPANG MERAJUK!!!! BILA KU MERAJUK TENTULAH TAK SEORANG MANUSIAPUN YG DAPAT MEMBUJUKKU .AQ SANG PUSAKA KARYA CINTA ALLAH YANG TIDAK SUKA MENDENGAR MAUPUN MELIHAT KEKERASAN SESAMA MANUSIA DIDEPAN MATA CINTAKU ….DAN AQ HANYA MENYERAHKAN DIRIKU HANYA KEPADA ALLAH SEMATA HATI JIWA CINTA KAMI ATAS SEGALA MAHLUKNYA …
SEMOGA SELURUH ANAK BANGSA MEMAHAMI LAGI MEMAAFI DAN SALING BERJABAT CAHAYA PELUK MESRA DEMI MEBANGUNKAN KITA DARI MIMPI YG INDAH MENUJU INDAHNYA SUARA JIWA ALLAAMIAAH .JANGAN ADA AIR MATA APAPUN JUA.
AMIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIN YAROBAAAAAL AAAAA LAMIIIIIIIIIIIIIIIIN

afryda indah prima mengatakan...

AUDZUBILLAH HIMINASYAITONIROZIM
BISMILLAHIRAHMAN NIRRAHIM

SALAM SEJAHTERA BUAT SELURUH UMAT DI MUKA BUMI INI YANG DI RIDHA’KAN ALLAH
TUHAN PENCIPTA SEMESTA ALAM
WAHAI ANAK BANGSA KETAHUILAH !!!
BAHWASAN NYA SATRIA ITU ARTI NYA …
SHAT ADALAH SATU …
TRI ADALAH TIGA …
A ADALAH AFRIDA WATI BIN YUSUF DAUD AL WAHAB
13 SATRIA PININGIT DI BUMI INI, INSYA ALLAH AKAN MEMBANTU MENGHIJAUKAN KEINDAHAN BUMI BILA MASIH MENURUTI ILHAM YANG ALLAH TAKDIRKAN MELALUI SUARA JIWA IBUNDA A.W.Y.D.A
YANG SEBAGAI ALAT MESIN PHOTOCOPY SUARA TUHAN YANG MENDENGARKAN DOA IBUNDA AGAR BUMI TERHINDAR DARI WARNA MERAH NYA API PEMBAKAR YANG MEMBUAT KITA SELAMA INI RESAH DALAM MENCARI KEBENARAN DEMI PEMBENARAN AKHLAK , NORMA MANUSIA, YANG MEMEGANG TEGUH SEGALA PREDIKAT NYA

WAHAI ANAK BANGSA SE-YOGYA NYA LAH SEMOGA ERWINSYAH SUAMI IBUNDA A.W.Y.D.A ALLAH SARAN KAN AGAR SUDILAH KIRA NYA DEWI PERSIK SANG ARTIS DANGDUT PENYANYI KITA YANG PINTAR DAN LUCU MENIKAHI SUAMIKU …. !!!!
AGAR NYAMAN LAH BUMI PULAU JAWA YANG TELAH BERWARNA MERAH YANG SANGAT MENGERIKAN DI MATA KU, DAN ALLAH SWT

DAN KAKAK KU JULIANI SEMOGA ISTRI USTAD JEFRI MERELAKAN AGAR MENIKAHI KAKAK KU DENGAN USTAD JEFRI AL BUCHORI , AGAR USTAD JEFRI DAPAT MEMINGIT KAKAK KU SECARA KETAT SEBAGAI ISTRI BIDADARI YANG DI PINGIT DI DALAM RUMAH, UNTUK MENJADI ISTRI YANG FITRI
INI SEMUA ALLAH ILHAMKAN KEPADAKU AGAR BUMI KEPULAUAN JAWA HIJAU KEMBALI
SEMENTARA DIRIKU INI YANG MUSAFIR AL FAKIR MURNI SEBAGAI MANTAN SUAMIKU ERWINSYAH YANG TELAH MENENDANG KU SEPERTI BOLA KEGEMARANNYA DAN KINI KU BERADA DI KOTA MEDAN
SEMOGA ALLAH SWT DENGAN SEGALA ILHAM YANG DIA SAMPAIKAN PADAKU
AGAR JANGAN PERNAHLAH BOSAN MEMBERIKAN SEGALA PENGETAHUAN ILHAM NYA PADAKU DEMI KEHIJAUAN PERDAMAIAN PLANET BUMI YANG ALLAH HARAPKAN TEPATLAH PADA YANG TEPAT AGAR MANUSIAWI PANCASILA YANG MURNI TETAP DI JAGA SELURUH UMAT TERUTAMA PARA KEPOLISIAN DAN TENTARA-TENTARA NASIONAL INDONESIA
SEMENTARA IBUNDA A.W.Y.D.A DIRIKU SENDIRI TETAP DENGAN SETIA SELALU MENERIMA TAKDIR DARI YANG MAHA AGUNG DALAM PENANTIANKU MENANTI JODOH SEJATI KU A.A YANG ALLAH HARAPKAN SEMOGA DENGAN KUASA ILAHI DAPATLAH MEMBUKA PINTU DARI SEGALA PINTU SEGALA RAHMAT CAHAYA CINTA KASIH ALLAH AGAR KEKASIH KU DIBUKAKANLAH CAHAYA PINTU HATI NYA AGAR CEPATLAH MELAMAR KU LAGI , MEMINGIT KU UNTUK SEBAGAI GURU COLABORATION PADUAN PENGETAHUAN UMUM SENI DALAM BERAGAMA DAN DAPAT MENGIZINKAN DIRIKU AGAR DAPAT MENTAS DI PANGGUNG YANG DI MULIAKAN LAGI DI RAHMATI ALLAH SWT DI DALAM WAKTU DEKAT INI,
SEBAB TIADA YANG DI TAKUTI SELAIN DARI ALLAH ATAS ILHAMNYA AGAR DAPAT KITA JALANKAN BERSAMA SAMA

DALAM PADA SAAT INI BAPAK ANWARSYAH DI MATA ALLAH DI SYURGA NANTI TETAP BERPREDIKAT KAN DENGAN JABATAN JENDRAL YANG MULIA DUNIA AKHIRAT DISISI ALLAH SWT DAN DI LINDUNGI OLEH SELURUH MALAIKAT DAN DI HARAPKAN OLEH SELURUH PARA NABI UNTUK MENJAGA KU DI BUMI SUMATERA UTARA LAGI MENYANTUNIKU SEBAGAI WANITA YANG SENDIRI (JANDA) YANG HANYA WAJIB DIRIKU MERASA NYAMAN DAN ALLAH RIDHAKAN AGAR BAPAK ANWARSYAH DAPAT MEMBERIKU TEMPAT YANG LAYAK LAGI SOPAN
TERIMA KASIH YA ALLAH YANG TAK PERNAH BOSAN MENSIGNALI DIRIKU DEMI KEPULAUAN INDONESIA DAN PLANET BUMI INI AGAR TERHINDAR DARI SEGALA FITNAH ATAU PRADUGA YANG TIDAK DAPAT DI BUKTIKAN NAMUN AKULAH SEBAGAI SAKSI OBJEK PENDERITA YANG SUDAH MEMAAFKAN SELURUH UMAT MANUSIA YANG TURUT TERBIUS DALAM BADAI PULSA DUNIA YANG KU KHAWATIRKAN ADALAH AMARAH DARI YANG KUASA LAGI MAHA PERKASA
SEMOGA DENGAN APA ADA NYA YANG BUNDA SAMPAIKAN KINI ATAS PAKSAAN HATI DARI CAHAYA ILAHI SEMOGA SELURUH RUMAH TANGGA DI BUMI INI WAJIB LAH MENURUTI KEHENDAK DARI INJIL BAGI NASRANI DAN ALQURAN BAGI MUSLIMIN DAN MUSLIMAT YANG DI BENARKAN OLEH RASULULLAH MUHAMMAD SAW AGAR DI PRAKTEKAN MENURUT TAKDIR YANG TERHIDANG LAGI MENERPA KITA
RUKUN IMAN YANG 6 WAJIB LAH KITA IMANI SECEPAT MUNGKIN

Anonim mengatakan...

ratu adil masih ada di sekitar kita ...

Medismaya_Group mengatakan...

Kamipun mendadak Skizofren...
Sebuah pengembaraan khayali seorang 'mantan' penderita penyakit jiwa. Seru, lucu, haru, dan menegangkan. Membaca helai demi helai buku in, menyadarkan kita akan makna kesejatian hidup yang sesungguhnya.....

Edisi pertama 2004
Edisi pertama 2004

Pak rt wae ras marley mengatakan...

I
Kerennn lAhhh ,,, buat buat ıbroh setıap jıwa yg mengalı ketıdak adılAn tuhan dalam jıwanya,,, namun sebalıkx

Diamond Rose mengatakan...

apakah Ratu Adil sudah sembuh?

 
Dear Diary Blogger Template