Jumat, 30 Januari 2009

Skizofrenia

Masih ingat postingan tentang Ratu Adil kan? (kalo lupa tinggal baca aza dibawah), bagaimana seorang evi berjuang melawan penyakit yang mendera jiwanya diakibatkan tekanan batin yang begitu hebat, skizofren (hehehe terdengar keren ya??) dan hasil dari perjalanan imajinasinya yang terasa nyata baginya membuahkan buku berjudul ” Ratu Adil” , kali ini tidak membiacarakan evi tapi apa sih sebenarnya skizofren itu sendiri, bukan bermaksud menggurui atau menguasai tentang skizofren, ini juga hasil mengutip kok, saya Cuma pengen berbagi info pada sahabat,


Umumnya ada dua macam penyakit yang biasa disebut gila ini, yaitu neurosa dan psikosa. Skizofrenia termasuk psikosa. Penyebabnya sampai kini belum diketahui secara pasti, namun disebutkan faktor keturunan bisa menjadi salah satu penyebab.

Bahkan, faktor genetik tampaknya sangat dominan. Menurut penelitian, apabila saudara ayah-ibu menderita skizofrenia, maka anak memiliki potensi sebesar 3% untuk mengidap skizofrenia. Apabila ada salah satu saudara sekandung yang menderita, maka anak berpotensi menderita skizofrenia sebesar 5%-10%.

Fakta dan Definisi

Dalam sebuah booklet yang diterbitkan oleh British Columbia Schizophrenia Society disebutkan fakta-fakta bahwa skizofrenia :

  1. adalah sebuah penyakit mental yang pada umumnya menyerang orang muda dalam masa produktif.
  2. Mengacaukan Panca Indera yang membuat si penderita sangat sulit membedakan mana yang nyata dan mana yang tidak.
  3. Biasa menyerang mereka yang berusia antara 16 dan 25 tahun.
  4. Penyakit medis, karenanya dapat disembuhkan dengan pengobatan modern. Diagnosis sejak dini dan stabilitasi lewat pengobatan modern. penyakit langka dan tidak seorangpun kebal terhadapnya.
  5. Ditemukan diseluruh dunia, disemua ras, disemua budaya dan semua kelas sosial.
  6. Menyerang 1 dari 100 orang diseluruh dunia.
  7. laki-laki dan perempuan memiliki peluang dan frekwensi yang sama terserang skizofrenia, bagi laki-laki antara 16-20 tahun, perempuan anatara 20-30 tahun.


Skizofrenia, yang diidap oleh sekitar satu persen penduduk Indonesia, dalam buku Pedoman Penggolongan dan Diagnosis Gangguan Jiwa (PPDGJ). Ditandai dengan adanya delusi atau keyakinan yang salah atau pandangan yang tidak berdasar. Penderita merasa dirinya sebagai manusia super yang memiliki sifat agung. Mengalami perasaan selalu dikejar-kejar adalah salah satu pengalaman khayali yang biasa dialami pengidap skizofrenia.

Untuk memudahakan kita memahami penyakit jiwa ini, perhatikan adakah salah satu atau beberapa prilaku ”tidak biasa” berikut ini disekitar anda :


  1. menarik diri dari lingkungan sosial dan mengasingkan diri.
  2. tidak memperdulikan lagi kesehatan dan kebersihan diri.
  3. terlihat amat resah dan gelisah.
  4. tidak biasa diam pada satu posisi.
  5. mengeluarkan pernyataan-pernyataan yang tidak masuk akal alias irasional..
  6. tidur berlebihan atau tidak bisa tidur sama sekali.
  7. terjadi perubahan pada kepribadian dasarnya.
  8. marah-marah tanpa alasan.
  9. terlihat sulit berkonsentrasi, hiperaktif, atau tidak aktif sama sekali atau selang-seling di antara keduanya.
  10. tidak mampu mengatasi permasalahan kecil.
  11. keasyikan yang ekstrem terhadap agama atau kultus.
  12. menulis secara berlebihan tanpa mengetahui maknanya
  13. tidak acuh.
  14. gampang melupakan segala hal.
  15. merosot minat terhadap bidang akademis.
  16. meninggalkan hobi.
  17. hilang rasa kepemilikan.
  18. bereaksi secara berlebihan terhadap kritikan.
  19. tidak bisa mengekspresikan rasa senang.
  20. tidak bisa menangis, kalaupun menangis terlalu berlebihan.
  21. tertawa tidak pada tempatnya.
  22. sensitif terhadap rangsangan (suara, cahaya,warna &tekstur).
  23. sering berusaha melarikan diri atau meminta boncengan dijalan.
  24. menyalahgunakan obat, alkohol, atau tiba-tiba suka merokok.
  25. sering pingsan.
  26. memperlihatkan postur dan gaya badan yang aneh.
  27. menolak menyentuh orang atau objek.
  28. mencukur sendiri secara teratur bulu kepala atau bulu tubuh lainnya.
  29. memotong salah satu bagian tubuh sendiri atau berteriak minta ampun takut tubuh tubuhnya terancam pemotongan.
  30. menatap tanpa berkedip dengan tatapan yang kosong atau berkedip terus.
  31. merayap seperti reptil.
  32. menunjukkan sikap keras kepala yang tidak bisa ditegur.
  33. berbicara dengan menggunakan kata-kata yang tidak biasa, dengan struktur kalimat yang ganjil, dan
  34. sangat sensitif dan kulitnya mudah teriritasi saat tersentuh orang lain.

Penanganan Skizofrenia

Penanganan:

  • Sikap menerima adalah langkah awal penyembuhan
  • Penderita perlu tahu penyakit apa yang diderita dan bagaimana melawannya.
  • Dukungan keluarga akan sangat berpengaruh.
  • Perawatan yang dilakukan para ahli bertujuan mengurangi gejala skizpofrenik dan kemungkinan gejala psychotic.
  • Penderita skizofrenia biasanya menjalani pemakaian obat-obatan selama waktu tertentu, bahkan mungkin harus seumur hidup.


Jadi jika sahabat merasa mengidap beberapa point diatas, harap segera berkonsultasi dengan ahlinya heheheh...bukan sama saya..karena saya bukan ahlinya..Piss...

22 komentar:

Anonim mengatakan...

Pertamax :D

makasih inpony yah mba TARI :)
akhirnya aku bisa tau kekurangan pd diri ini. huu..

makasih bgt udh beri nasihat ke aku :D

sukses selalu yah mba !!

Mentari mengatakan...

buat : anonim
Poin 2 & 6 ya? akan kuingat itu selalu jd gw mesti selalu sedia masker untuk poin 2 dan granat tangan untuk poin 6..heheheh. makasih yaa untuk tidak malu mengakui kelebihannya..lebih dari 3 hari gak mandi dan lebih lama kwantitas tidurnya.
tenang..PM gw jika lu merasa malez lg..bakal gw tambahin trik2 brikutnya...hakakakak

yoyo mengatakan...

hueeee, ngewri juga yah. untungnya saiya sudah terlalu tua untuk terkena penyakit tersebut :D

tapi bagus juga infonya nih buat adik² saiya yang masih muda² en imyut².

trenkyu cil lah, atas inponya :)

ari mengatakan...

“Di Malaysia kebanyakan mereka adalah wanita yang berusia antara 20 hingga 40 tahun. Pesakit boleh dipulihkan tetapi kebanyakan mereka lewat mendapat rawatan,”.

Berita Harian Online.

cie_cie mengatakan...

tari..kok ciri2 schizophren ada di elo semua ya....aneh..:P

Fitriyani mengatakan...

ciri2nya ga ad ttg doyan kopi ya???
berarti gw bebas dunk, ga masuk di ciri2 smua itu, mhuahuhaua....
devil dolo ah... >:)

harry seenthing mengatakan...

wah slamat slamt aku gag ada dalam prilaku ntuh mba

aku-peziarah mengatakan...

Wah...gawat! Beberapa ada semua di aku!

Mentari mengatakan...

@ Yoyo :
waah..gak jamin mas..soalnya tuh si ari aza bilang kalo di Malaysia wanitanya sampai 40 th (berarti ada penambahn 10 th) berarti laki2 bisa sampe 30 - 35 th...whaaaa...akibat krisis nih..

@Ari :
wah trimakasih cikgu..bolehlah tu na kasih info ke budak-budak/kanak-kanak di Indonesia, thank 4 the sharing

@cie-cie
aduuuh...makasiih pujiaannyaa..jadi malu, berarti gw calon penghuni syurga donk..kan kehilangan akal sehat...dosanya dihapus, begitu yak?? spekulasi nech...

@fitriyani :
ati2 aza..kalo ngopinya jadi tak terkendali, pasti masuk kategori jg, apalagi abis minum kopi gelasnya dilempar ke tetangga atau ke org yg lewat...hakakak itu mah lebih paraah..

@Harry Seenthing :
selamat deh mas..tapi kayaknya perlu di ruwat deh, namanya..saja menunjukkan ciri2 skizofren hakakakak....kata ortu nama adalah do'a lhoo.. jadi waspadalaah waspadalaah!!

@Aku Peziarah/ broer :
waah broer..selamat juga dech..gak nyangka...
ati2 aza, asal jgn mengkultuskan diri aza lu, ntar bisa2 buka aliran sesat lagi, kayak itu tuh..segera temui gw buat konsul..hakakaka

adi Pramana mengatakan...

klo doyan makan termasuk ngga bu . . . wakakakaka

Mentari mengatakan...

@adi permana :
ya termasuuk mas..kalo trmasuk jenis omnivora (pemakan segala)makannya sebangsa sesajen, makan ati, makan temen, makan garem doank, makanan basi, makanan haram, pakan ternak, udaah..ach..jd ngelantur... hakakakaka...

abang mengatakan...

ke 34 prilaku itu banyak kita temui pada sebagian besar Politikus Indonesia saat ini hue he

Mentari mengatakan...

@abang :
psst...hakakakaa...no comment...
tapi akhirnya dirumahkan kan bang? atau nginap dihotel prodeo..atau masuk rehabilitasi, siapa menabur dia menuai...tapi ada juga yg menabur dg ikhlas tapi yg menuai nyumpah2..hehehe apakah ituu? PR bang...

Brigadista mengatakan...

walaah,... lebih senang kalo pake bahasa yang keren keren,...daripada bahasa umum,,...!!

Mentari mengatakan...

@Brigadistaeperti :
itu sih wajar, yang gak wajar kalo struktur kalimatnya aneh dan ganjil contoh:
"Hei..@#$%^*&!())hong bilaheng pak ketipung @#$%%^&* hoaaam...berrrrrrrr.... sgdffjgkrteuIcgdrtyh"
nah..ngarti kagak artinya? (hakakakaka bahasa apaan tuh) itu cm contoh..gw sih gak pernah kek gitu, bahasa gw selalu puitis kok ( :-P

Ramdan mengatakan...

Salam kenal! trims udah berkunjung

All About Samarinda mengatakan...

Waduuuh...tanda-tandanya banyak juga yaa...Jangan-jangan...kita bisa masuk yaaa..???

All About Samarinda mengatakan...

Waduuuh...tanda-tandanya banyak juga yaa...Jangan-jangan...kita bisa masuk yaaa..???

fendy mengatakan...

"28. mencukur sendiri secara teratur bulu kepala atau bulu tubuh lainnya." bisa dijelaskan bulu tubuh lainnya itu apa ya..?hehe

kerajaanratu mengatakan...

wah, 250an juta penduduk indonesia, diantaranya ada 1 persen.. artinya ada 2500000 an orang yang skizofrenia.. ihh atut

Mentari mengatakan...

@ ramdan :
salam kenal jugaa...salam persaudaraan..

@all about samarinda :
jangan masuk deh..kalo masuk..kluaar azaa...

@fendy :
bulu kaki, bulu ketek..ma bulurah hakakakaak

@ Kerajaan ratu :
iyah...hakakaka...ati2 yaa....

Pupuk NASA mengatakan...

Salam kenal ya :) Ini Ada Solusi pakai NATURAL BRAIN POWER ( ENBEPE ) silahkan lihat kesaksian nya di sini http://www.pupupknasa.blogspot.com