Minggu, 22 Februari 2009

Oleh2 dari Holiday di Pulau Dewata

akhirnya gw balik lagi ke kampung halaman, setelah seminggu berada di negeri dongeng, gw sampe gemez gitu liat kota kecil ini, terlalu banyak ide yang berkecamuk di otak, sabar2 gw mesti jejak tanah dulu (hahahah...)

Gw baru balik dari Pulau Dewata sobat, ntah angin apa yg buat gw tiba2 memutuskan untuk "pergi" dari semua kejenuhan, kepenatan dan kesumpekan di otak gw, so hasilnya... lumayan...gw balik dengan otak yang fresh from the oven (halaaah..) dalam 2 hari gw putuskan untuk pergi melanglang buana jadi backpacker ke Bali, gw mesti ngatur ijin yg berbelit2 di Kantor, gw mesti cari alesan tepat ke Bunda gw, mesti ngatur segala sesuatux beres, packing, pesan tiket Berau - Balikpapan - Bali, tapi semua jd beres dalam 2 hari itu..benar2 yang namanya berkejaran dg waktu. biar bisa nyante sejenak di Pulau Nirwana itu. (ada juga sih sobat gw yg protes "katanya backpacker masa naek Pesawat?" ya mo gimana lagi masa gw naek ojek nyebrang laut? kan becek.. halaah...) gw dah pernah ke Bali sebelumnya dah lama banget tahun 1997.

benar2 5 hari yang tanpa beban , bahkan sms dan telepon yg masuk gak gw respon termasuk salah satu bos saya hehehe..(maaf ya sob, jika anda salah satunya), n tau gak sob.. gw ketemuan ma para Bloger di Bali weeh..kek mas Nanoq da kansaz, mas boyke leneng, wendra, juga mas kika/ dexter (from depok). menikmati pertunjukan musikalisasi puisi mereka di Singaraja, mantaaph...gw gak nyesel jauh2 dari denpasar naek angkot yg bunyinya nyaring, berasa 60 km/jam tapi realx hanya lari 20 km/jam dari jam 9 pagi, baru nyampe jam 1 siang (beugh! tp seorang backpacker gak boleh ngeluh)

Kelompok seni mereka namanya Pesaji alias Penyanyi Sakit Jiwa mungkin sebagian bloger dah kenal dg mas nanoq dan mas boyke leneng, (bisa klik link mereka yg ada di blog ini) mereka benar2 seniman, penulis puisi, cerpen, editor, pencipta lagu, teater, pokokx..seniman deh..malam itu gw bener2 terhipnotis dengan konser yang diusung oleh pesaji, harmonisasi dari berbagai alat musik,terutama permainan biolax yg begitu memukau, dan vokal2 siswi dan mahasiswi yg lumayan berkarakter, membawakan 12 lagu2 yang diangkat dari puisi yg rata2 juga ciptaan mereka sendiri. kepenatan setelah terlantar 8 jam di Bandara Sepinggan (plus Delay 2 jam), tiba di denpasar jam 1 dini hari, serta semua "kemarahan" yang ada di otak dan hati gw, tiba2 sirna mendengarkan dan meresapi pertunjukan mereka...bener2 indah. jika anda terbiasa menikmati junk food tiba2 anda menikmati masakan tradisional yang pas bgt dilidah, itulah perasaan gw saat itu, taste yg berbeda..gw berasa bener2 berada di Negeri dongeng.

setelah itu gw di jamu ma mas nanoq di dusun senja waaah....bener2...sebuah keramahan negeri dongeng, bercanda ma keluarganya, ma hewan peliharaannya, panen buah dan berdiskusi ttg Jembarana (tulisan berikutnya) trimakasih mas nanoq, mas boyke n mas kika telah menambah perbendaharaan rasa dan wawasan.

yang pasti selama di Bali gw bener2 rilex, santai, nikmati suasana Bali banget bersama sliweran para turis2 mancanegara, gw nginep di popies lane 2 itupun dapat info dari surfing di internet hotel2 husus para backpacker deket dengan kuta, berkisar 85 - 100 rb per malamx, trus bisa sewa motor dari 35 - 50 rb/hari. diseputarannya lu dimanjakan dengan artshop, cafe, warnet, loundry murah hanya 10.000/12 potong, ada juga warteg husus untuk muslim, travel pemesanan tiket. disini sliweran bule gak ada habisnya mulai pagi hingga pagi lagi. sangking padatnya..trotoar juga dipake buat jalan motor.

gw manjain diri gw dengan tidak berfikir apa2, pikiran gw hanya besok kemana lagi ya? beli apa lagi? menyalurkan hoby belanja sovenir gw yang gila2 an (harap di catet bukan mall tapi pasar seni hehehe) tadinya gw cuma bawa beg kecil sama tas pundak pulangnya gw bawa 8 koli itu juga gw titip ke cargo sebagian. kebayangkan gw yg imut2 bawa tas dan kotakan segitu banyaknya? tapi jangan salah itu semua bukan buat gw, sebagian pesanan. (makanya gw males pamitan kalo pergi2 hiks...kejem bgt sih pesen kok gak ngukur body gw ma kantong gw, dipikir gw kuli kali yak?)

jadi buat semua yg merasa gw boongin..sebenerx gw gak bermaksud..tapi gw malez aza di berondong pertanyaan..aneh2... "kemana? ma siapa? ada apa? ngapain? bagaimana? dimana? sedang apa? apa aza?" halaaah..seakan2 cewek itu gak kompeten pergi liburan sendiri..padahal gw jg dulu seorang petualang (makanya gw dah injak beberapa pulau di nusantara seperti kalsel, sulsel, sulteng, jatim, jateng, yogya, jakarta, Bangka itu semua hanya model keberanian) cuma yaah skarang rada kalemanlaah.. mengingat umur yang semakin renta ...uhuk..uhuk...

" oh iya...gw minta maaaf yang sedalem2nyaa.." itulah gw..bisa bereaksi frontal jika dihadapkan dg sesutu yang udah diluar kuasa gw...sumpek yang berlebihan di otak gw, kalo gak cepat2 di netralisir bisa buat gw muntah darah. jadi jangan buat hidup gw makin susah.
karena gw pasti bakal jauhin orang2 yang suka bikin susah...hakakakak....piss...

oh ya jangan pergi dulu doonk...kalo lu tinggalin komen, itulah hal yang paling bikin gw bahagia. dan pasti gw komen balik plus doa slamet buat lu heheheh...

20 komentar:

Anonim mengatakan...

gw kagak heran kalo lu melanglang buana sendirian ky orang ilang....hehehe...lu kan preman pasar...:-P
Lu bkan cewek jadi2an, tapi jelmaan jelangkung...datang tak di undang pergi tak di antar...hakakakak...

Sang Pemuja.... mengatakan...

yaa.. terlambat lagiii dehh...
nga apa lahh.. (pengen wakilin seseorang eh.. tapi ternyata.. masih tetap belum bisa jadi yang pertama... lain kali yaa. sayang..)

Ria mengatakan...

I knew it, Tar:) Meski gak nanya, aku tau kamu pingin berlibur tanpa gangguan. Cuma kalo gak nanyain ntar disangka gak peduli temen lagi, makanya sempet ku-sms tuh. Malah sempet su'udzon, jangan2 kamu mojok berdua dengan someone di Bali makanya jd males mampir ke surabaya hahaha:P

aku-peziarah mengatakan...

(Ah...ngapain gak bawain bule cewek dari sono! Bule kan liurnya gak netes2 kayak u! Bau keju lagi! U? Trasi!)

Ah, besok2 pergi ke Lombok!

Mentari mengatakan...

@ anonim (kekx ini broer jg deh..):
iyaa...tpi jelangkung yg manizz..yg lu pengen gw slalu ada setiap malam minggu n jumat kliwonkan?
psst..jgn buka2 masa lalu deeh...nih ada amplop buat tutup mulut (beugh!)

@ Sang Pemuja :
hahahaha...iya maaf..kalo gw posting lagi gw telepon lu deh biar jd pertamax..hehehe...gw heran..segitu sayangx sih lu sampe bela2 in..
hkakakaka....salut buat cinta kalian..tetaplah begitu..sampai akhiir...

@ Ria :
iya rii hehehe..gw tau lu bae bgt...sampe gw gak tega mampir rumah lu takut persediaan makanan lu u sebulan abiz dalam sekejap hehehe... laen kali pasti sist..luv u

@ aku peziarah :
aduuuh broer..jangan segitu ekstrimx nunjukin perhatian lu ke gw didepan umum..sampe baunya aza lu tau.. (jd ketauan kan lu cinta mati ma gw) hiks..gw terharu....

ke Lombook?? waaah...ajak2 dooong....

Kharianto mengatakan...

Wah enaknya melanglang buana, bisa nambah pengalaman,,, Slam kenal bu,,,

Bunda Lina mengatakan...

wow...jadi pengen..backpacker lagii...sekali-sekali cobain ke KL lewat batam trus singapore..Mbak..

Mau sekalian kasih tau, ada award untuk mbak mentari di Beranda Hati...jemput atuh neng...

abang mengatakan...

Wah enak ya bisa kopdar disana, sekarang dah fresh ya dek ..pantesan semingguan kemaren gak ada, rupanya ngumpet di Bali ...

Sip dech, semoga sekafrang sehat dan fresh aja setelah refreshing

Mentari mengatakan...

@ kharianto :
iya mas..enak hehehe...asyik bisa liat budaya yang beda, alam yg beda dan orang2 yang beda keragaman itu ternyata indah..

@ Bunda Lina :
Iya bunda lina nabung lagi deh...kira2 2011 udah mesti kesana itu, sekarang lagi ngeker Jabar hehehe. makasih ya bun...segera ke TKP

@ abang :
iya bang dah fresh...liat niih muka adek dah berseri-seri kek matahari pagi. Kalo abang sih gak usah ditanya berotasi nusantara mulu..enaakx gak perlu rogoh kocek sendiri hiks..

dewi mia mengatakan...

Tariiiiii ternyata lo ga beda sama si bolang ya.. kecil2 cabe merah.. eh salah cabe rawit.. gile bener gue aza disuruh kesolo takut dijalan.. nah eloo.. dilepas liar banget kaya ayam keilangan induknya...hehehehe.. mending sebutan lo jangan si bolang tapi si TALANG (Tari petualang)..talang air kaleeee...

Fitriyani mengatakan...

huaaaaaaa...............
gw ga bs pertamax... solar gpp dah, kalo premium jg ga bs, hikk...hikk...hik...

niwei, gw pan pake supernya shell...gw super aja dah kalo gitu, mhauhuahuahauaa.... >:)

baca dolo, komeng menyusul..bujug, postingannya puanjang be'eng, kek novel aja neh, wkwkwk...

Evy mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Rocker Insyaf mengatakan...

Iya deh Tari niii..aku kasih Komen...duh enak yah jalan2 ke Bali..saya ngga pernah kesampaian...cuma cape deeee...bukan dapat oleh2 cuma dapat cerita hehehehe....mamer niiii yaaaaa....

Mentari mengatakan...

@ Dewi mia :
hakakakak....Talang Banyu, bagus juga itu. dasaar.. yg kerenan dikit napa?, wii..2 menang di Body doang lu (pasti jawabannya "tp kan tar, perasaan gw haluus") kalo body gw kek ellu, jgn2 gw dah ke Papua hakakakak

@ Fetre :
latihan membaca ya neng, ayo budayakan membaca...halaah....kalo gosip pasti lu baca deh hakakaka....psst..tapi dah ada yg berusaha keras lho...ayoo sana bilang makasih...

@ Evy :
maaf ya shayang..berhubung ada teguran hehehe ..terpaksa komen yang berbau sara gw hapus shay, sebenarnya gw gak masalah sih..tapi gak enak ma yang punya pulau say..kita mesti belajar menghargai perbedaan, dan sepertinya bukan salah bunda mengandung halaaah...maksud gw laen kali kalo liburan sesuaikan dengan cita rasa hehehe. itulah kenapa ada Bhineka tunggal ika, berbeda tapi tetap satu jua. mohon dimaklumi ya..tenkyu dah berusaha keras. tapi udah gw save komenmu sbgai kenang2an hehehe.

@ Rocker Insyaf :
hakakakak...kalo oleh2? tari harus bawa berapa container nech? sahabat Tari bejibun soalnya, jadi supaya adil...gak ada yang dapat oleh2 hehehe....makasih mas rocker

Dude mengatakan...

Ck..ck..ck...ck...

Gini nie, kalo tari sekali dilepas...
Aji mumpung langsung keliling dunia....

hehehe... selamat ya Tari, maksudnya selamat bisa selamat & kembali ketujuan... wakakakakk....

Truz, oleh2nya mana?

Mentari mengatakan...

@ bang Dude :
Beuugh!! dikata buaya kali gw?! pake dilepas? tunggu aza makassar tujuan selanjutnya, wacth out!! sediain kereta kencana ma coto makassar 1 gerobak hakakakaka....

Dude mengatakan...

Kirain kemaren dah mau ke makassar,
padahal gw dah sediain perayaan besar2an bwt nyambutin elo, mulai dari bandara sampe hotel clarion disediain arak2an sepanjang jalan....
Nah konsep awalnya lo bakal jalan kaki dari bandara ke hotel...
tau gak berapa jaraknya?
14 KM cing! wakakakkakak....

Soal coto lu tenang aja tari, gw sediain 1 kontainer... itu bwt lu makan aja, masih ada 1 kapal laut bwt lu bawa pulang...wakakkakaka...

evy mengatakan...

ga papa kali kak!
kan dah ku bilang kalo ga sreg ma komentnya bisa di delete. :D
Maaf yak! udah mengotori rumahmu dengan komentku!
Glegh, Berbau sara???? oh ya? koq aku ga nyadar yak?!?!?! wkwkwkwkwk
sorry deh! namanya juga koment!!!
Yg aku rasa, itulah yg kuceritakan.....
Lagian tiap org kan punya prinsip n pilihan jalan hidup masing2..... Weks, kata kak tary nih, "yaaaah, mulai degh evynya dengan ceramah gratisnya"....wkwkwkwkkwk....[mumpung lagi baek neh kak. Jarang2 loh ngasih ceramah gratis. wkwkwkwkwk]

Seberat apapun beban yg kita pikul
Serapuh apapun diri kita
Sehebat apapun perbedaan di antara kita
KITA PUNYA PILIHAN
Mana jalan terbaik yang harus kita tempuh
Mana jalan yang benar yang harus kita lalui
Agar kita tidak menjalani hidup ini dengan sia-sia
Jadikanlah diri kita seperti sekarang ini apa adanya
Untuk selalu menjadi yang terbaik,
untuk diri kita,
orang lain,
dan yang terpenting untuk kita pertanggung jawabkan kelak di akhirat, kampung halaman kita semua...
Artinya, Pilihanlah yang menjadikan lebih baik dari hari ke hari.... {EVY}

Jazakalloh khoiron katsiro....

lynn_dani mengatakan...

saya juga nonton musikalisasi puisi itu, soalnya tempat mereka pentas kan kampus saya...hehehe...
wah, tanpa sadar, kita ada di ruangan yang sama dan waktu yang sama...
salam kenal

Mentari mengatakan...

@ Dude :dude..lo jangan enak2an dikursi "itu" yaa hayoo kerja...jangan sampe "ketiduran"

@ Evy : ya ya yah... gak ada yang salah dg prinsipmu,kami menghormati s,ua orang dengan prinsipnya, hanya mungkin timing yg kurang tepat untuk komentarnya.. karena disini saya menyajikan dan mengulurkan rasa persahabatan untuk semua orang diberbagai lini (hehe..)secara universal, jadi komentnya evy serasa menohok beberapa sahabat saya..gak mengotori lagi vy,luv u

@ Lynn_Dani : yups...dan menghirup udara yang sama..kuasa Tuhan ya...salam kenal balik..maaf sy terlalu lama meresapi hidup dan bertarung dengan nasib hingga baru sempat membuka lagi blog ini.