Kamis, 05 Februari 2009

Deadline Your Life

Waktu pertama kali liat web ini http://tamanbaca.org/ yang ada difikiran gw..kok sempet yaa..kepikiran ..mikirin orang lain..yang notabene bukan siapa-siapa, keluarga bukan, tetangga bukan, anak muda yang aneh… dieraa..seperti ini, napa gak kayak yang laen..azaa..sibuk ma diri sendiri, senang-senang, foya-foya, buang2 duit buat hoby yang mahal koleksi mainan luar negeri, koleksi kucing angora, bahkan anak seorang PNS masih SMP aza punya Hp N 85 ngalah2in gw yang udah kerja 9 tahun blom bisa beli yg kayak gitu hiks.., napa orangtuanya gak menanamkan sikap bersahaja?

Sedangkan di berbagai pelosok daerah terpencil, anak2nya jangankan pegang HP, membaca saja kadang tak bisa..(bagaimana mau sms?), hobinya tidak jauh dari tanah (bekebun, beladang, betani, bikin batako, bikin gerabah), jauh beda banget ma anak kota yang maenya..game onlines. Chating…rebonding..fiting..manikur..pedikur..whaaaaa…

Kata orang bijak…”jangan pernah tanyakan apa yang bisa dilakukan Negara untukmu tapi tanyakan apa yang bisa kamu perbuat untuk negaramu” (gitu kali..sale2 kate maafin aze..) berangkat dari falsafah ntu..sekelompok anak muda ini, menyisihkan waktu, tenaga dan fikiran yang gak sedikit untuk perbuatan yang mungkin kecil artinya buat sebagian orang..tapi besar maknanya bagi yang menerima.. Seperti kata Joseph Murphy :

berikan dengan ikhlas, senang, penuh kasih, dan dengan perasaan penuh kebebasan, dan ketika anda melakukannya, kekayaan yang menakjubkan tak terelakkan akan menjadi milik anda

sebenarnya gw gak gitu ngarti apa maksudnya, tapi dengan otak gw yang pas-pasan menyimpulkan bahwa..yang mereka berikan mungkin tidak seberapa dimata orang tapi dg keikhlasan mereka mendapati dirinya menjadi orang yang lebih kaya, kaya dengan sentuhan-sentuhan yang mendekatkan jarak antara si miskin & sikaya, si bodoh dan si pinter, wawasan sempit menjadi luas, artinya mereka menjadi lebih kaya pengalaman..kaya hati, itu modal buat jadi orang yang peka dg keadaan sekelilingnya..menjadi anak muda yang lebih peduli.

rahasia kemakmuran adalah kedermawanan, karena membagi kepada orang lain, hal baik yang diberikan kehidupan kepada kita, kita membuka mata air kelimpahan

– J. Donald Walters.

Baru saja kita dengar disumatera utara..karena demo..(bahasa keren dari kisruh) ketua DPRDx meninggal…tragiss!, ada apa sebenarnya dengan mahluk intelek itu??, masih banyak lagi contoh..demonstrasi yang berujung pada pengrusakan fasilitas dan harta Negara, (gimana Negara mau mikirin rakyat miskin kalau hasil pajaknya hanya sibuk mengganti fasilitas yang rusak) kenapa harus merusak? kenapa harus ada yang mati?, kenapa hanya berkoar2? Kenapa tidak berfikir solusi dan berbuat yang lebih berarti?

Saya setuju dengan Mr. Larry Winget, seorang ahli filsafat dan pembicara bisnis mengatakan “Shut Up, Stop Whining & Get a Life” ya..ada benarnyaa…mengapa selalu mengoceh gak jelas, mengritik, mencaci, memaki, bagusnya “DIAM!! BERHENTI MENGELUH DAN RAIH KEHIDUPAN” hidup jadi akan lebih baik jika kita lebih banyak berbuat solusi. Kecil tidak berarti bukan apa2..hidup terlalu indah untuk disia-siakan? Jadi “deadline Your Life” Berbuat sesuatu yang berarti

Untuk pendiri dan pengelola Taman Baca, Saluut! semangat ya!!, don’t give up!

35 komentar:

Dexter mengatakan...

Wuihhhhh sepertinya spesial buat teman-temanku nih... Terima kasih, langsung aku sebar ke teman-teman yah. Salam.

Fitriyani mengatakan...

keduax..... gyahahahahaa...
devil dolo ah... >:)

yoyo mengatakan...

kapan² singgah ah ketaman baca. btw, kata bijaknya bagus bu' en saiya juga setuju ama mr larry winget. :)

harry seenthings mengatakan...

ck ck ck, hebat nih mba...., tapi mau ralat dikit boleh kang, maaf tidak semuannya anak seorang pns mempunyai hp mba, contohnya saya anak seorang pns yang sampai sekarang masih mencari sebuah hape.....heheheh gag ketemu jua nih, kalo untuk tamanbacaan kang dexter wah itu mantab sekali, soalnya jarang buanget orang yang berjiwa pendidikan yang tinggi. dan the dexter itu merupakan pahlawan pendidikan juga loh.....salut dech buat sang pahlawan

aku-peziarah mengatakan...

mau bantuin tempatku Non? tempatku ini perlu orang2 yg konsen sama wong cilik dan kekurangan.

Ada dehhh.. namanya juga lagi nyamarr..... mengatakan...

dari hari ke hari.. kerja ku.. hanya numpang lewat aja....
nga pernah ngasih komentar... apalagi yang berguna dan membangun...
trus mo gimana lagi.. sukanya hanya ngetestt mulu... jadinya.... hanya sampe di testt aja dehh...
apalagi klu yang di testt.. itu blognya orang.. trus orangnya.. suka narsis.. yaa.. kayak blog yang satu ini... orangnya suka narsis..
(pengen ketawa.. ntar ketahuan.. akhirnya cecicickan aja.. xixixixix...) gini aja.. kemungkinan ketahuan apalagi.. ampe ketawa.. xixixix....
ehh.. udah dulu ahh..
enak juga yaa.. ngetestt di blog orang.. ninggalin rumput.. yang pastinya nga bakalan berguna.. tapi jangan lupa satu hall.. jangan suka buang sampah sembarangan.. buanglah sampah pada tempatnya.. (contohnya blog ini.... becanda lagii..) pisahkan.. rumput basah dgn yang kering... rumput organik dengan anorganik...
KEBANYAKAAANNNNNNN.... wkwk.... weks.. (hampir aja ketawa..) xixixixixi

Rocker Insyaf mengatakan...

Hmm....emang siii..zaman udah makin menelan,pergaulan juga si akibatnya,tapi dari itu semua didikan awal dari keluarganya juga patut dipertanyakan...

Mentari mengatakan...

@ Dexter :
ni persembahan buat semua anak muda yg berkarya, berbuat sesuatu untuk negara, dalam hal ni esspecially 4 u hehee.. (bahasa gw dah kayak aki2)

@ fetereee :
hakakak..mo jd yg pertamax akhirnya jd second mark, kedudukan lebih penting nih kayaknya..
hiks...sampe gak komen apa2...nie angel buat lu :-P

Mentari mengatakan...

@ yoyo :
makasih mas yoyo..mampir aza ke taman baca...sy juga jd kepikiran buat taman baca di pulau2 kecil kami yg terpencil...larry winget seorang yg kontroversional...org yang akan menertawakan kesedihan, kepapaan, dan keluh kesah kita..krna katanya..ah..gw saranin baca sendiri deh bukunya best seller lho..kebetulan gw dapet menang di kick andy hehehe...

@ aku peziarah :
kenapa tidak, tapi awalnya lu dulu donk..apa gak tersinggung lu..org luar yg meratiin kampung lu.., disini mah juga banyak bang (yang namanya sejahtera itu benar2 jauh dari kata merata), jd mari kita masing2 berbuat untuk daerah sendiri tp tdk ada salahnya..kita berbagi. waah seandainyaa..semua anak muda..satu visi satu misi yaah.. (uughh..gw kayak aki2 lagiii)

Dewi Rozeme mengatakan...

Tariii... wah first of all I miss u a lot.. kayanya konsumsi blog dikit beda nih.. lebih berisi dan lebih berat.. batu kalii. Tapi gue protes yang meninggal itu kan manusia masa kata2nya mati ..sadis banget lo tar emangnya kucing... hehehe

Mentari mengatakan...

@ ada deeh..:
hakakaka..baca awalnx aza dak ketebak..palagi baca pesan buang sampahnyaa...yaah paling tidak lu dah menyampaikan pesan moral..bahwa sesama chater dilarang saling menyampahi...hakakakaak
maafh..iya gw msh trima konsul..tapi jgn beruntun...cp gw..hiks...

@ rocker insyaf :
iyaa gw salut ma lu yg udah insyaf dari pergaulan aneeh hakakaka.... skrg coba liat..bayi aza dah dikasih mainin HP ma ortunya..biar dibilang anaknya sadar tehknologi
dgr music MP3 kalo bayinya aza dah kenal N 73 gimana S

evy mengatakan...

iya kak, stuju banget...
jangan dulu mikirin masalah negara yg komplit, liat sekitar aja dulu. kampung sendiri....
hiks2, jadi ingat masa KKS (kuliah Kerja SIBERMAS)duluw.... waktu itu nge data anak2 putus sekolah. kasihan bgt. bahkan baju2 yg mereka pakai saja masih bagusan kain pel aku di rumah. akhirnya sama ke 3 temenku ngumpulin kain2 bekas layak pakai (yg tadinya ga ada planning), Masha Alloh.... mereka kayak berebutan baju di toko2 yg dikasih gratis. Romantismenya, pada saat liat wajah2 lugu mereka, sambil senyum dan bilang makasih. kakek2 sama nenek2 yg coba nge pasin baju2 itu.juga anak2,Allohu Akbar...semua kenangan itu tak akan tergantikan oleh apapun.
dan yg parahnya, ada yg sudah pernah melahirkan 7 kali, ibu itu gak tau, lahirnya kapan,dimana,namanya siapa, waduwh...
malah, ada yg punya anak lebih dari 5 tapi ga satupun yg pernah sekolah. pun saya gak tega ketika melihat rumah2 mereka yg hampir rubuh yg hanya terbuat dari anyaman2....Yaa Alloh...bahkan saya yg kehidupannya agak kecukupan(gak kaya)saja banyak ngeluhnya.mereka???sedikitpun mereka tak pernah kecewa dan menyesal hidup mereka seperti itu.

glegh, kebanyakan......[nih curhat atau koment??? ;D :D]

last, karena hidup hanya sekali dan kita semua akan dimintai pertanggung jawaban meskipun perbuatnnya hanya seberat zarrah,so, berbuatlah yg terbaik,kapanpun dimanapun dan untuk siapapun. buatlah malaikat(jadi terinsipirasi ngomongin malaikat dari percakapan via YM tadi kak:D)bangga dan bersyukur tlah menulis kebaikan2 kita.juga menjadi pengingat dan slalu mendoakan kita tiap saat.....
n
halah2 kebanyakan euy....:D
gitu aja dah! tar yg lain pada eneg.... :)

Mentari mengatakan...

@harry sheenthing :
hpna ilaang dimana kang? kok dicari? iyaa..kan tari gak bilang smua anak PNS..tu hanya contoh..kecil aza..saluut deh klo lu gak kek anak2 manja itu..hehehe...kang dexter..emang..hebatlaah...dibanding kita2 hehehe pahlawan tanpa tanda trima..(amplop, kasih, jadi dll).hehehe (kok jd kbanyakan heheh kesannx jd gak serius nech!!)

Mentari mengatakan...

@ dewi Rozeme :
hakakaka..ntu sangking smangat 45 nyaa...ghiyaa..para pejuang bahari jg pd bilang.." Merdeka!! atau Mati!!" bukannya .."merdeka??!! atau meninggal?!" hakakaka
iyee2..maafh...makasih masukannyaa.. luv u 2 sista

Abiagi Smith mengatakan...

kesan pertamabegitu menggoda...selanjutnya tersera baca2
udah ya..aku baca2 dulu aja...

Mentari mengatakan...

@ evy :
vy..gimana kalo itu tidak hanya dijadikan kenangan..kenapa gak dilanjutkan..skrg punya komunitas barukan? nah kita lanjut perjuangannya..gimana? misalnya cari volunter buat guru kejar paket A plus taman iqra, atau Rekreasi amal (jd obyek wisatanya bukan pemandanganx tapi masyarakat kampungnya) jadikan itu sebuah hoby..ka tari disini juga lagi usaha kek gitu..doain yak..inisiatif itu penting vy, sepertinya kita saling menunggu. masih banyak kok temen2 yang berjiwa patriot..
jadikan komunitas kita lebih berarti...

Mentari mengatakan...

@ abiagi Smith :
makasih yaa...hakakaka..sengaja menggoda biar dibaca, untungnya tehnik menggoda hanya boleh dilancarkan di blog hakakakaa.....

Kang Artha mengatakan...

mmm tulisan anda bagus banget bu, sepertinya anda banyak terpengaruh sama filsuf barat ya jyengg? Mr. Larry Winget,...dan J. Donald Walters
“rahasia kemakmuran adalah kedermawanan, karena membagi kepada orang lain, hal baik yang diberikan kehidupan kepada kita, kita membuka mata air kelimpahan”..menarik juga nih...

sekedar tambahan aja jyeng...kalau mau makmur ada 2 cara :
1. Bermaksiat dan Durhaka kepada Allah
"........maka hendaklah ia bermaksiat dan durhaka kepada Allah, maka Allah akan bukakan pintu-pintu kesenangan dan kemakmuran padanya, sebagaimana firman Allah Ta`ala dalam surat Al An`am (42-45), konsekuensinya Allah akan menurunkan siksaan dan masuk neraka dan tak ada kesempatan untuk bertaubat....
2. Beriman dan Taqwa pada Allah
surat Al A`raaf (96) : “Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya"

gitu aja jyeng........
Salam

kang Artha

jerova mengatakan...

setuju..setuju...
good share tante...
sering2 mampir kerumah jeriova yah
smile

Fitriyani mengatakan...

lom posting yg baru lg neh?? pengen yg pertamax neh, mhuahaua....
salam devil >:)

abang mengatakan...

Nice post !!! Posting yang penuh dengan muatan motivasi, tentang keikhlasan, tentang semangat dan tentang kehidupan ...

Pendidikan terbaik hanya membuka sebagian pintu kebahagiaan. Sikap hidup terbaik lah yang akan membuka semua pintu kebahagiaan ..

Mentari mengatakan...

@ kang artha :
hah...yg bener kang..jd enak nih dipuji senior..jd tambah smangat nuliss...hakakaka...
bukan kepengaruh kang..tari tu nyontek dibukux larry winget..mana buku yg lagi dekat kompi itu yg di contek (iih..jujur bgt sich..!!)
ya kang..walo kita gak kaya raya kalo kita sering memberi rasanyaa..bahagiaa..seperti org kaya...hehehe...ingat 10 persen dari penghasilan kita milik org lain...ya kan kang??

makasih tambahan infox kang..ini neh yg tari suka...berbagi...indahnya..berbagi...hehehe..asal jangan berbagi suami...hakakaka

Mentari mengatakan...

@ jerova :
tante?? hiks...gw masih mudaaa..wahai anakku..
yups...keep in touc..ok?!!

@ Fitriyani :
sabaar ya shay...buat postingan tu gak kejar tayang tapi bener mengalir dari hati...kalo gak mood dipkasakan jadi gak kena.. "kena kalan" hehehe...klo ada yg baru gw langsung krim kabar biar lu jd pertamax ok?!

cie_cie mengatakan...

otak lw pas2an ya...hihihihihi

Mentari mengatakan...

@ abang :
makasiih abang...kalo tari blom bisa berbuat untuk negara..paling tidak bisa memotifasi biar yg lain berbuat tari yg nonton..hakakak ( becanda)
sedikit nyumbang pemikiran atau perenungan atau input ato apalah namanyaa...makasih ya baang..dah mampiir...

Mentari mengatakan...

@ cie-cie :
iya nih..cie..hiks...otak gw pas2 an untuk ambil pendidikan S 3 hiks..., ini nich yg gw suka dari lu cie...koment lu selalu penuh dengan muatan ilmu ...walopun itu ilmu hitam...hiks..

debrian mengatakan...

makana nabung dulu, baru beli hape n85.wkwkwkww

mas bejo mengatakan...

mantaph mentong tar.....
tulisanmu semakin mantaph.... menginspirasi....
tulisanmu sekaligus penghargaan yang luar biasa kepada manusia-manusia luar biasa kayak kang dexter n yang tanpa tanda jasa...
semangat!!!

Mentari mengatakan...

@ debrian :
bukan gak bisa tapi gak butuh...gw beli kalo butuh heheheh...mending beli laptop lagi hakakaka
becandaaaa

@ mas Bejo :
iyaa buat lu juga yg sudi menunda cita2 demi mengabdikan diri ke daerah2..membagi ilmu yg lu punya..tanpa keluh dan lu menikmatinyaa. saluut
hiks...baru ni gw jujur ma lu...

awan_clickerz mengatakan...

wah..mr larry...
Inspring bgt kata2nya...
salut.

smangat n' salam persaHabatan

Yup !

Mentari mengatakan...

@ awan clikerz :
iyaa ..., kalo motivator lain saat qta mengeluh dia akan mengelus2 punggung kita..kalo mr. larry jangan harap..bahkan ia akan menertawakan kita.
jadi yg gak siap mental jgn baca bukunya...
bakal sakit hati...

Bunda Lina mengatakan...

setuju dah!! jangan cuma NATO - no action talk only - atau bisanya cuma berkeluh kesah, mencaci dan mengkritik, sekali2 mestinya kasih solusi, ya ga?

Klo "deadline your life" duuuh hari2 sy dah dikejar deadline, mba'...

tapi "deadline" nya mba' tari ...memang harus selalu ada, klo 5 menit nanti ktemu ama Izroil, beggh siapa yang tahu khan?

HHHHooorre .... ... .. . mengatakan...

sst..... jangan ribut ya.... udah malam... ntar yang punya blog kebangun.. bisa di jitak klu dia bangun. hhheeehheehe

Mentari mengatakan...

@Bunda Lina :

hakakakak...hari2 penuh deadline ya bunda....
kaciaan pantesan ujung2x ke dokter hehehe...
iyaa..deadline..perlu bgt..u persiapan akhir..

iyaa...mana tau dijemput...hiks...gw kekx blom siap..masih harus tobaaaaaaaaatt....

kerajaanratu mengatakan...

Deadline your life..

sepertinya bakal jadi kata yang aku pajang di dalam kamarku, ngedorong banget.. mantap

mba karakter nulisnya keren, enak dibaca