Senin, 23 Februari 2009

Anda Bloger Sejati? Baca yang Satu ini !!

Kisah di bawah ini adalah kisah yang saya dapat dari milis alumni Jerman, atau warga Indonesia yang bermukim atau pernah bermukim di sana. Demikian layak untuk dibaca beberapa menit, dan direnungkan seumur hidup.

Pengalaman ini dikisahkan dari seorang ibu dari tiga orang anak dan baru saja menyelesaikan kuliahnya. Kelas terakhir yang harus dia ambil adalah sosiologi. Sang dosen sangat inspiratif, dengan kualitas yang saya harapkan setiap orang memilikinya. Tugas terakhir yang diberikan ke para siswanya diberi nama "Smiling". Seluruh siswa diminta untuk pergi keluar dan memberikan senyumnya kepada tiga orang asing yang ditemuinya, dan mendokumentasikan reaksi mereka. Setelah itu setiap siswa diminta untuk mempresentasikan di depan kelas.

Ibu itu adalah seorang yang periang, mudah bersahabat dan selalu tersenyum pada setiap orang. Jadi, dia pikir, tugas ini sangatlah mudah. Setelah menerima tugas tsb, dia bergegas menemui suaminya dan anak bungsunya yang menunggu di taman di halaman kampus, untuk pergi ke restoran McDonald's yang berada di sekitar kampus. Pagi itu udaranya sangat dingin dan kering.

Sewaktu suaminya akan masuk dalam antrian, dia menyela dan meminta agar suaminya saja yang menemani si bungsu sambil mencari tempat duduk yang masih kosong. Ketika ibu itu sedang dalam antrian, menunggu untuk dilayani, mendadak setiap orang di sekitar kami bergerak menyingkir, dan bahkan orang yang semula antri di belakang saya ikut menyingkir keluar dari antrian. Suatu perasaan panik menguasai diri saya, ketika berbalik dan melihat mengapa mereka semua pada menyingkir?

Saat berbalik itulah saya membaui suatu "bau badan kotor" yang cukup menyengat, ternyata tepat di belakangnya berdiri dua orang lelaki tunawisma yang sangat dekil! Ibu itu bingung,dan tidak mampu bergerak sama sekali. Ketika dia menunduk, tanpa sengaja matanya menatap laki-laki yang lebih pendek, yang berdiri lebih dekat dengan saya, dan ia sedang "tersenyum" ke arahnya. Lelaki ini bermata biru, sorot matanya tajam,tapi juga memancarkan kasih sayang. Ia menatap ke arahnya, seolah ia meminta agar ibu itu dapat menerima 'kehadirannya' di tempat itu. Ia menyapa "Good day!" sambil tetap tersenyum dan sembari menghitung beberapa koin yang disiapkan untuk membayar makanan yang akan dipesan.

Secara spontan ibu itu membalas senyumnya, dan seketika teringat olehnya 'tugas' yang diberikan oleh dosennya. Lelaki kedua sedang memainkan tangannya dengan gerakan aneh berdiri di belakang temannya. Ibu itu segera menyadari bahwa lelaki kedua itu menderita defisiensi mental, dan lelaki dengan mata biru itu adalah "penolong"-nya. Ibu itu merasa sangat prihatin setelah mengetahui bahwa ternyata dalam antrian itu kini hanya tinggal dia bersama mereka,dan mereka bertiga tiba-tiba saja sudah sampai di depan counter.

Ketika wanita muda di counter menanyakan kepada saya apa yang ingin dipesannya, Ibu itu mempersilahkan kedua lelaki ini untuk memesan duluan. Lelaki bermata biru segera memesan "Kopi saja, satu cangkir Nona." Ternyata dari koin yang terkumpul hanya itulah yang mampu dibeli oleh mereka(sudah menjadi aturan di restoran disini, jika ingin duduk di dalam restoran dan menghangatkan tubuh, maka orang harus membeli sesuatu). Dan tampaknya kedua orang ini hanya ingin menghangatkan badan.

Tiba2 saja ibu itu diserang oleh rasa iba yang membuat saya sempat terpau beberapa saat, sambil matanya mengikuti langkah mereka mencari tempat duduk yang jauh terpisah dari tamu2 lainnya, yang hampir semuanya sedang mengamati mereka... Pada saat yang bersamaan, ibu itu baru menyadari bahwa saat itu semua mata di restoran itu juga sedang tertuju ke dirinya, dan pasti juga melihat semua 'tindakan'-nya. Ibu itu baru tersadar setelah petugas di counter itu menyapanya untuk ketiga kalinya menanyakan apa yang ingin dia pesan.

Ibu itu tersenyum dan minta diberikan dua paket makan pagi (di luar pesanannya) dalam nampan terpisah. Setelah membayar semua pesanan, dia minta bantuan petugas lain yang adadi counter itu untuk mengantarkan nampan pesanannya ke meja/tempat duduk suami dan anaknya. Sementara ibu itu membawa nampan lainnya berjalan melingkari sudut ke arah meja yang telah dipilih kedua lelakiitu untuk beristirahat.

Ibu itu meletakkan nampan berisi makanan itu di atas meja mereka, dan meletakkan tangannya di atas punggung telapak tangan dingin lelaki bemata biru itu, sambil ibu itu berucap: "Makanan ini telah saya pesan untuk kalian berdua."Kembali mata biru itu menatap dalam ke arahnya, kini mata itu mulai basah berkaca-kaca dan dia hanya mampu berkata "Terima kasih banyak,nyonya". Ibu itu mencoba tetap menguasai dirinya, sambil menepuk bahu mereka, ibu itu berkata "Sesungguhnya bukan saya yang melakukan ini untuk kalian, Tuhan juga berada di sekitar sini dan telah membisikkan sesuatu ke telinga saya untuk menyampaikan makanan ini kepada kalian".

Mendengar ucapannya, si Mata Biru tidak kuasa menahan haru dan memeluk lelaki kedua sambil terisak-isak. Saat itu ingin sekali ibu itu merengkuh kedua lelaki itu. Ibu itu sudah tidak dapat menahan tangis ketika dia berjalan meninggalkan mereka dan bergabung dengan suami dan anaknya, yang tidak jauh dari tempat duduk mereka. Ketika ibu itu duduk suaminya mencoba meredakan tangisnya sambil tersenyum dan berkata "Sekarang saya tahu, kenapa Tuhan mengirimkan dirimu menjadi istriku, yang pasti, untuk memberikan 'keteduhan' bagi diriku dan anak2ku!" Mereka saling berpegangan tangan beberapa saat dan saat itu mereka benar2 bersyukur dan menyadari, bahwa hanya karena 'bisikanNYA' lah mereka telah mampu memanfaatkan 'kesempatan' untuk dapat berbuat sesuatu bagi orang lain yang sedang sangat membutuhkan.

Ketika mereka sedang menyantap makanan, dimulai dari tamu yang akan meninggalkan restoran dan disusul oleh beberapa tamu lainnya, mereka satu persatu menghampiri meja mereka, untuk sekedar ingin 'berjabat tangan' dengan mereka. Salah satu diantaranya, seorang bapak, memegangi tangan ibu itu, dan berucap "Tanganmu ini telah memberikan pelajaran yang mahal bagi kami semua yang berada disini, jika suatu saat saya diberi kesempatan olehNYA, saya akan lakukan seperti yang telah kamu contohkan tadi kepada kami". Ibu itu hanya bisa berucap "terima kasih" sambil tersenyum.

Sebelum beranjak meninggalkan restoran, ibu itu menyempatkan untuk melihat ke arah kedua lelaki itu, dan seolah ada 'magnit' yang menghubungkan bathin mereka, mereka langsung menoleh ke arahnya sambil tersenyum, lalu melambai-lambaikan tangannya ke arahnya. Dalam perjalanan pulang ibu itu merenungkan kembali apa yang telah dia lakukan terhadap kedua orang tuna wisma tadi, itu benar2 'tindakan' yang tidak pernah terpikir olehnya. Pengalaman hari itu menunjukkan kepadanya betapa 'kasih sayang' Tuhan itu sangat HANGAT dan INDAH sekali!

Ibu itu kembali ke college, pada hari terakhir kuliah dengan 'cerita' ini ditangannya. Ibu itu menyerahkan 'paper' kepada dosennya. Dan keesokan harinya, sebelum memulai kuliahnya ibu itu dipanggil dosennya ke depan kelas, ia melihat kepadanya dan berkata, "Bolehkah saya membagikan ceritamu ini kepada yang lain?" dengan senang hati ibu itu mengiyakan. Ketika akan memulai kuliahnya dia meminta perhatian dari kelas untuk membacakan papernya. Ia mulai membaca, para siswapun mendengarkan dengan seksama cerita sang dosen, dan ruangan kuliah menjadi sunyi. Dengan cara dan
gaya yang dimiliki sang dosen dalam membawakan ceritanya, membuat para siswa yang hadir di ruang kuliah itu seolah ikut melihat bagaimana sesungguhnya kejadian itu berlangsung, sehingga para siswi yang duduk di deretan belakang di dekat ibu itu diantaranya datang memeluknya untuk mengungkapkan perasaan harunya. Di akhir pembacaan paper tersebut, sang dosen sengaja menutup ceritanya dengan mengutip salah satu kalimat yang saya tulis di akhir paper ibu itu. "Tersenyumlah dengan 'HATImu', dan kau akan mengetahui betapa 'dahsyat' dampak yang ditimbulkan oleh senyummu itu.

Dengan caraNYA sendiri, Tuhan telah 'menggunakan' dirinya untuk menyentuh orang-orang yang ada di McDonald's, suaminya, anaknya, dosennya,dan setiap siswa yang menghadiri kuliah di malam terakhirnya sebagai mahasiswi. Ibu itu lulus dengan 1 pelajaran terbesar yang tidak pernah dia dapatkan di bangku kuliah manapun, yaitu: "PENERIMAAN TANPA SYARAT." Banyak cerita tentang kasih sayang yang ditulis untuk bisa diresapi oleh para pembacanya, namun bagi siapa saja yang sempat membaca dan memaknai cerita ini diharapkan dapat mengambil pelajaran bagaimana cara MENCINTAI SESAMA, DENGAN MEMANFAATKAN SEDIKIT HARTA-BENDA YANG KITA MILIKI, dan bukannya MENCINTAI HARTA-BENDA YANG BUKAN MILIK KITA, DENGAN MEMANFAATKAN SESAMA!

Jika anda berpikir bahwa cerita ini telah menyentuh hati anda, teruskan cerita ini kepada orang2 terdekat anda. Disini ada 'malaikat' yang akan menyertai anda, agar setidaknya orang yang membaca cerita ini akan tergerak hatinya untuk bisa berbuat sesuatu (sekecil apapun) bagi sesama yang sedang membutuhkan uluran tangannya! Orang bijak mengatakan: Banyak orang yang datang dan pergi dari kehidupanmu, tetapi hanya 'sahabat yang bijak' yang akan meninggalkan JEJAK di dalam hatimu.

Untuk berinteraksi dengan dirimu, gunakan nalarmu. Tetapi untuk berinteraksi dengan orang lain, gunakan HATImu! Orang yang kehilangan uang, akan kehilangan banyak, orang yang kehilangan teman, akan kehilangan lebih banyak! Tapi orang yang kehilangan keyakinan, akan kehilangan semuanya! Tuhan menjamin akan memberikan kepada setiap hewan makanan bagi mereka, tetapi DIA tidak melemparkan makanan itu ke dalam sarang mereka, hewan itu tetap harus BERIKHTIAR untuk bisa mendapatkannya. Orang-orang muda yang 'cantik' adalah hasil kerja alam, tetapi orang-orang tua yang 'cantik' adalah hasil karya seni. Belajarlah dari PENGALAMAN MEREKA, karena kita tidak dapat hidup cukup lama untuk bisa mendapatkan semua itu dari pengalaman dirimu sendiri.

Forward from : http://matahatidantelinga.blogspot.com/

19 komentar:

Anonim mengatakan...

Pertamax..... gyahahahaha.... >:)

Anonim mengatakan...

wahh.. akhirnya berhasil juga..
hehehe... selamat ya sayang...
salam devilnya... >:)

Anonim mengatakan...

kisah yang indah dan patut diteladani.
salam kenal.

Anonim mengatakan...

alhamdulillah akhirnya saya kembali membaca cerita ini dari tempatnya mbak Mentari..
linknya sudah bunda pasang tuh
monggo dilihat ya

Anonim mengatakan...

wah untung aku bukan blogger sejati jadi bacanya gag tuntas...hehehehehehe

Anonim mengatakan...

walaupun saya bukan blogger sejati, tapi artikelnya sangat menarik.

GBU too

Anonim mengatakan...

Lebih keren gw dong....
bukan bloger sama sekali,
jadi judulnya aja gak sempat baca...

wakakkakakakakakka....

Mentari Yousof mengatakan...

@ Fetre :
huwaaaaaaaaaa....ne anak....

@ Sang Pemuja :
hakakakak....dasaaar...sepasang sejoli..

@ Bunda :
makasih bunda...hanya forward bunda..dorongan hati

@ mas harry Seenthing :
wach...untuk yang perasaannya lembut kek kamu jangan baca tuntas..! bahaya! bisa banjir..nih blog aku heheh.. justru karena gw bukan bloger sejati gw postingin hakakakaka....sory kalo judulnya mengganggu dari saya bloger ecek2 ...(hakakaka paan sich)

@ Bang Budiawanhutasoit :
hakakaka...judulnya frontal yah bang?! hakakak...sengaja biar dibaca.. kalo ada yg tersinggung..berarti emang orang indonesia. hehehe....

@ Bang Dude :
apalagi yg nni nih...jangan baca!! gw tau lu bisa nangis bombay..(padahal lu dah baca kan? trus menangis disudut kamar) hakakaka...

palagi setelah baca judul posting ini tiba2 berhenti jadi follower beugh...! no problemo.. karena gw emank aliran hitam n jalur kiri, tp gw ngarti tidak semua orang bisa menikmati perbedaan dan pro kontra. hakakaka...

DIGITAL BACA mengatakan...

Walaupun gak ada hubungannya dengan Blogger Sejati, tetapi aku baca lho, ceritanya Menawan dan memang patut di jadikan inspirasi.

Nurhadi mengatakan...

hai mentari yang simpati aku mau say halo dan acungin jempol... (hus..hus... kok jadi promoin macem2 sih). eh, gini, mangsudnya aku tu terharu banget baca kisah di atas. ampe gak bisa nelen ludah dan mau nangis... suer... inspiratif... menyentuh... four thumb up buatmu deh! (pake jempol kaki segala tuh...)

Anonim mengatakan...

panjang banget nih, tapi oke..

Anonim mengatakan...

great job tari......
salut you.....
semoga gw n banyak org lain semakin dicerdaskan dg tulisan ini

Mentari Yousof mengatakan...

@ digital baca :
makasih mas..., gw sampein lagi ma yg forwadr pertama kali...makasih...yadi...

@ Nurhadi :
gak jatuh mas..? kalo empat2x diacungin..hehehe

@ donlod gratis :
kalo mo pendek..jagn minum susu kalsium mas...hehehe

@ mas Bejo :
saluut gw sampekan lagi ma tempat yg gw forward...salut yadi...

makasih temen2...cuma ini yg bisa gw lakuin buat sharing ma kalian..betapa senyum tulus itu indah....efekx? gak usah dipikirin..berikan sajaa...toh gak bayar ini...gak kena pajak..juga..pahala lho membuat hati org lain bersemangat..dan merasakan ketulusanx.

Anonim mengatakan...

Thanks for sharing such a lovely story. Mari kita selalu dengungkan kasih yg tulus, tanpa membedakan pada semua org.

Mentari Yousof mengatakan...

@ fanda :
seep fanda, org kek gw blom bisa kasi apa2 buat negara klo cm sekedar urusan senyuum gw obral ma syapa aza, mo kang bakso, mo kangguru mo kang sayurr..semuaaa deh...

Kharianto mengatakan...

Saya cuma Newbie bu,,, jiahahahaha,,,,

Kharianto mengatakan...

tapi makasih yah atas artikelnya, sangat berguna sekali,,, thanks,,,,

Anonim mengatakan...

So sweet...so deep....kenapa nulis ini??aq kan walaupun tampang sadis tapi hati melankolis..jadi pengen nangis.....maap atuh baru mampir...lagi sering keluar kota melulu nii...jangan kapok mampir yah...

lusia mengatakan...

Hi Nice blog,your posting is very interesting,hope you will visit my site and drop me a note.
Free download softwares.
Actress Wallpapers
Adsense Tips